Lifestyle

Jokowi Sudah Tandatangani Nama-nama Pansel Capim KPK, Hal ini Komposisinya

29
×

Jokowi Sudah Tandatangani Nama-nama Pansel Capim KPK, Hal ini Komposisinya

Sebarkan artikel ini
Jokowi Sudah Tandatangani Nama-nama Pansel Capim KPK, Hal ini Komposisinya

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sudah mengemukakan juga menyetujui secara resmi nama-nama Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) juga Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ada sembilan nama yang dimaksud masuk pada Pansel Capim kemudian Dewas KPK.

“Pansel KPK sudah ada saya tandatangani kemarin sebelum berangkat telah saya tanda tangani. Ada 9 nama yang masuk tapi saya nggak hapal,” kata Jokowi Pasar Lawang Agung Musi Rawas Utara, Kamis (30/5/2024).

“Pansel KPK tanyakan ke Mensesneg tapi telah saya tanda tangani kemarin sebelum saya berangkat,” tambahnya.

Terkait komposisi 9 calon pansel KPK itu, Jokowi mengumumkan bahwa diisi dari unsur pemerintah juga profesional secara seimbang. “Saya nggak tahu unsur pemerintah berapa profesional berapa. Tapi saya kira apa 50-50 lah,” kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengungkapkan bahwa Pansel Capim dan juga Dewas KPK akan diberitahukan pada Juni. “Iya (diumumkan bulan Juni), ini baru menyiapkan untuk anggota-anggota dari pansel,” kata Jokowi dalam Pasar Sentral Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa, 14 Mei 2024.

Jokowi mengatakan pansel Capim KPK nantinya akan diisi oleh tokoh-tokoh yang tersebut dinilai baik serta miliki integritas dan juga fokus terhadap pemberantasan korupsi.

“Ya tokoh yang baik lah, yang tersebut punya integritas yang concern terhadap pemberantasan korupsi. Saya kira banyak sekali, tinggal nanti dipilih,” kata Jokowi.

Perlu diketahui, bahwa pimpinan KPK akan habis masa jabatan pada akhir 2024. Seharusnya, pimpinan KPK semata-mata menjabat selama 4 tahun kemudian berakhir 2023. Namun, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron untuk melanjutkan masa jabatan hingga 5 tahun kemudian akan berakhir tahun ini.

Artikel ini disadur dari Jokowi Sudah Tandatangani Nama-nama Pansel Capim KPK, Ini Komposisinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *