Internasional

SYL Minta Gaji Cucunya di Kementan Naik dari Rp4 Juta Jadi Rp10 Juta

21
×

SYL Minta Gaji Cucunya di Kementan Naik dari Rp4 Juta Jadi Rp10 Juta

Sebarkan artikel ini
SYL Minta Gaji Cucunya dalam Kementan Naik dari Rp4 Juta Jadi Rp10 Juta

JAKARTA – Protokol dan juga Sekretariat Menteri Pertanian, Rininta Octarini kembali dihadirkan sebagai saksi di sidang lanjutan persoalan hukum dugaan gratifikasi kemudian pemerasan dengan terdakwa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) . Dalam persidangan, Rini menceritakan penambahan gaji cucu SYL, Andi Tenri Bilang Radisyah yang dimaksud naik dari Rp4 jt berubah menjadi Rp10 juta.

Mulanya, Jaksa menanyakan jumlah total uang negara yang mana digunakan untuk membayar gaji cucu SYL, Andi Tenri Bilang pada waktu menempati tempat sebagai Tenaga Ahli Sekjen Area Hukum di dalam Kementan.

“Yang dibayarkan melalui negara itu apakah seluruhnya Rp10 jt atau cuma Rp4 jutanya sehingga bisa saja berubah jadi Rp10 (juta). Bagaimana? Bisa dijelaskan,” tanya jaksa di dalam ruang sidang PN Jakpus, Mulai Pekan (27/5/2024).

“Sepengetahuan saya yang digunakan dibayarkan secara langsung dari KPPN sekitar Rp4 juta, Rp6 jutanya dibayarkan dengan segera dari biro umum ditransfer ke Bibi,” ujar Rini.

“Baik, bukti pemindahan disampaikan melalui saksi ya yang mana tambahan dari Rp6 jt berubah menjadi Rp10 jt itu?” tanya Jaksa.

“Iya betul,” timpal Rini.

Kemudian, Rini menuturkan permintaan penambahan upah untuk cucu SYL yang mana naik Rp6 jt itu disampaikan segera oleh SYL melalui ajudannya Panji Hartanto.

“Pimpinan yang digunakan dimaksud minta naik dari Rp4 jt ke Rp10 jt itu Biro Hukum atau saksi mendengar segera siapa itu pimpinan maksudnya yang, apakah menghadirkan nama Pak Menteri yang mana minta waktu itu?” tanya jaksa.

“Seingat saya waktu itu Mas Panji menyampaikan ada permintaan Pak Menteri bahwa ada kekurangan gaji dari Bibi,” jawab Rini.

“Itulah yang digunakan dari Rp4 jt akhirnya berubah menjadi Rp10 jt tiap bulan itu?” tanya Jaksa.

“Iya betul,” jawab Rini.

Jaksa pun menegaskan terhadap saksi apakah benar kenaikan pendapatan untuk Andi Tenri segera merupakan perintah dari SYL. Rini kemudian membenarkan pernyataan itu.

“Panji ceritanya Pak Menteri yang tersebut memohonkan naik penghargaan itu?” tanya Jaksa.

“Iya betul,” jelasnya.

Sebelumnya, Protokol Menteri Pertanian Rininta Octarini hadir sebagai saksi pada sidang lanjutan perkara gratifikasi dan juga pemerasan dengan terdakwa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di dalam Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 22 Mei 2024.

Artikel ini disadur dari SYL Minta Gaji Cucunya di Kementan Naik dari Rp4 Juta Jadi Rp10 Juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *