Berita

Apa itu Iptu? Pangkat yang mana Disandang Rudiana, Ayah Eki Pacar Vina Cirebon

18
×

Apa itu Iptu? Pangkat yang mana Disandang Rudiana, Ayah Eki Pacar Vina Cirebon

Sebarkan artikel ini
Apa itu Iptu? Pangkat yang tersebut mana Disandang Rudiana, Ayah Eki Pacar Vina Cirebon

JAKARTA – Banyak pemukim penasaran dengan Iptu , pangkat yang digunakan disandang oleh Rudiana, ayah Muhammad Rizky alias Eki yang meninggal pada 2016 silam. Eki diketahui merupakan penderita pembunuhan bersatu dengan kekasihnya Vina Dewi Arsita .

Kasus Vina Cirebon kembali mencuat pasca film berjudul Vina: Sebelum 7 Hari yang dimaksud didasarkan kisah nyata tindakan hukum pembunuhan yang dimaksud diputar pada bioskop. Munculnya kembali persoalan hukum ini juga melambungkan nama Iptu Rudiana, Kapolsek Kapetakan, Polres Cirebon Kota. Beberapa waktu kemudian muncul video tersebar luas yang tersebut memperlihatkan kesedihan Iptu Rudiana, sebab sampai ketika ini para pelaku pembunuhan anaknya masih berkeliaran. Namun Rudiana juga menyatakan polisi tinggal diam, terus berupaya menuntaskan perkara tersebut.

Dari situlah mulai sejumlah warga yang mana penasaran tentang Iptu Rudiana. Rasa penasaran kebanyakan muncul lantaran berkaitan dengan pangkat yang mana disandangnya, yakni Iptu. Seberapa besar pangkat yang disebutkan di satuan kepolisian? Untuk lebih besar jelasnya simak penjelasan berikut.

Arti Pangkat Iptu

Pangkat Iptu atau Inspektur Polisi Satu satu di antaranya pada jajaran pangkat Perwira Polri. Di Kepolisian, pangkat Perwira dibagi ke pada tiga urutan yakni, Perwira Pertama, Perwira Menengah, serta Perwira Tinggi. Iptu berada di dalam golongan Perwira Pertama, sehingga pangkatnya paling rendah dalam pada urutan perwira.

Meski begitu Iptu bukanlah pangkat terendah. Karena di di urutan pangkat Perwira Pertama, masih dibagi berubah jadi tiga pangkat, yakni Inspektur Polisi Dua (Ipda), Inspektur Polisi Satu (Iptu), kemudian tertinggi adalah Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Berikut ini daftar kepangkatan Perwira pada Polri:

1. Perwira Tinggi (Pati)

– Jenderal Polisi
– Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)
– Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)
– Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)

2. Perwira Menengah (Pamen)

– Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)
– Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
– Komisaris Polisi (Kompol)

3. Perwira Pertama (Pama)

– Ajun Komisaris Polisi (AKP)
– Inspektur Polisi Satu (Iptu)
– Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Dari daftar kepangkatan yang disebutkan dapat dilihat apabila Iptu berada ke urutan kedua dari bawah. Meski begitu Iptu telah di antaranya pangkat tertinggi di Kepolisian, lantaran di dalam bawah Perwira masih ada Bintara juga Tamtama.

Tanda kepangkatan Perwira Polisi berpangkat Iptu akan ditandai dengan dua garis atau balok kuning. Umumnya pangkat Iptu sanggup menjabat sebagai Wakapolsek, Kapolsek, Kanit dalam Polsek, kemudian Kasi dalam Polres.

Artikel ini disadur dari Apa itu Iptu? Pangkat yang Disandang Rudiana, Ayah Eki Pacar Vina Cirebon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *