Lifestyle

22 Orang Ditetapkan Tersangka Korupsi Timah, 6 ke Antaranya Dijerat TPPU

22
×

22 Orang Ditetapkan Tersangka Korupsi Timah, 6 ke Antaranya Dijerat TPPU

Sebarkan artikel ini
22 Orang Ditetapkan Tersangka Korupsi Timah, 6 ke Antaranya Dijerat TPPU

JAKARTA – Sebanyak 22 pendatang sudah ditetapkan Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai terperiksa persoalan hukum dugaan tindakan pidana korupsi juga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada tata niaga komoditas timah di dalam wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

“Terkait dengan dituduh TPPU telah terjadi ditetapkan 6 tersangka,” ujar Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi pada jumpa pers pada Kejagung, DKI Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2024).

Enam terdakwa TPPU itu yakni Manager PT Quantum Skyline Exchange (QSE) Helena Lim (HL), suami aktris Sandra Dewi sekaligus perpanjangan tangan PT Refined Bangka Tin (RBT) Harvey Moeis.

Kemudian, Direktur Utama PT Sariwiguna Bina Sentosa Robert Indarto (RI), Komisaris PT Stanindo Inti Perkasa (SIP) Sugito Gunawan (SG), pemilik kegunaan atau beneficial ownership CV Venus Inti Perkasa (VIP) Tamron alias Aon (TN), juga Dirut PT RBT Suparta.

Bahkan, kejaksaan berpeluang akan kembali memeriksa Sandra Dewi. Pemeriksaan Sandra Dewi untuk mengetahui status uang atau harta kekayaan yang tersebut didapat dari Harvey Moeis.

“Kita harus mampu pastikan pada saat direalisasikan penyitaan kemudian dibawa ke pengadilan, yang tersebut ini riil hasil kejahatan atau TPPU sehingga kita diperlukan keterangan istrinya. Apalagi ada pernyataan pisah harta. Kita harus pisahkan bagaimana pemisahannya, apa yang tersebut dipisahkan agar bukan terkontaminasi dari uang hasil kejahatan dalam timah,” ungkapnya.

“Jadi dua ini kita dalami. Kita perlu dalami keterang dari istrinya. Dan khususnya uang yang mana didapat dari terdakwa H di tata niaga Timah,” tambahnya.

Sebelumnya, Kejagung sama-sama Badan Pengawasan Keuangan serta Pembangunan (BPKP) mencatatkan kerugian negara melawan tindakan hukum dugaan korupsi tata niaga timah ke wilayah IUP PT Timah (TINS) mencapai Rp300 triliun lebih.

“Perkara timah ini hasil perhitungannya cukup lumayan fantastis, yang tersebut semula kita perkirakan Rp271 triliun juga ini mencapai sekitar Rp300 triliun,” ujar Jaksa Agung ST Burhanuddin, Rabu (29/5/2024).

Total kerugian yang disebutkan diketahui setelahnya penyidik melakukan kolaborasi sama-sama BPK serta ahli kerugian riil terkait ekologis, ekonomis, juga rehabilitasi lingkungan.

Saat ini, pada menangani perkara yang disebutkan pihaknya masuk pada tahap terakhir. Jika nantinya telah lama selesai akan dilimpahkan ke pengadilan.

“Tentunya untuk teman-teman ketahui bahwa perkara timah sudah pernah memasuki tahap akhir pemberkasan. Saya mengharapkan pada seminggu ke depan telah dilimpahkan ke pengadilan,” kata Jaksa Agung.

Artikel ini disadur dari 22 Orang Ditetapkan Tersangka Korupsi Timah, 6 di Antaranya Dijerat TPPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *