Internasional

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei: negeri Israel Menuju Kehancuran

22
×

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei: negeri Israel Menuju Kehancuran

Sebarkan artikel ini
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei: negeri negeri Israel Menuju Kehancuran

TEHERAN – Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memuji serangan organisasi Hamas pada 7 Oktober 2023 yang digunakan belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel. Menurutnya, rezim Zionis sedang menuju kehancuran.

Khamenei (85) berbicara pada sebuah acara untuk memperingati 35 tahun meninggalnya Ayatollah Ruhollah Khomeini, pendiri Republik Islam yang tersebut menggantikan pemerintahan monarki Iran yang dimaksud didukung Amerika Serikat (AS).

Dia menyatakan serangan 7 Oktober oleh kelompok kelompok Hamas merupakan pukulan telak bagi rezim Zionis. “Dan menempatkan negeri Israel di jalur yang mana cuma akan berakhir dengan kehancurannya,” katanya, seperti dikutipkan AFP, Selasa (4/6/2024).

Sejak revolusi tahun 1979, Iran—negara mayoritas Muslim Syiah—telah muncul sebagai musuh bebuyutan negara Israel kemudian sekutu Barat negara tersebut; Amerika Serikat serta Inggris.

Iran berada pada bawah sanksi internasional menghadapi inisiatif nuklirnya yang mana disengketakan, yang mana menurut mereka itu bertujuan untuk tujuan sipil.

Meskipun negeri Israel juga Iran telah terjadi lama melakukan peperangan bayangan berbentuk pembunuhan dan juga sabotase, sekutu bersenjata Iran pada Timur Tengah sudah pernah membentuk apa yang dimaksud disebut aliansi “Poros Perlawanan”.

Ketika peperangan Daerah Gaza berkecamuk, Iran juga negara Israel berada ke ambang peperangan pada pertengahan April saat Teheran meluncurkan rentetan roket dan juga rudal ke Israel, yang dimaksud sebagian besar berhasil dicegat.

Iran mengungkapkan pihaknya tidaklah mengetahui adanya serangan kelompok Hamas pada 7 Oktober, namun memujinya sejak pada waktu itu.

“Serangan itu terbentuk pada pada waktu yang dimaksud tepat dan juga menghancurkan konspirasi internasional yang mana besar dalam Timur Tengah,” katanya, yang mana kemungkinan merujuk pada langkah pimpinan Negeri Paman Sam untuk menengahi hubungan diplomatik antara tanah Israel juga negara-negara Arab.

Artikel ini disadur dari Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei: Israel Menuju Kehancuran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *