Kesehatan

Terapkan rutinitas menyikat gigi sejak usia muda untuk keseimbangan

19
×

Terapkan rutinitas menyikat gigi sejak usia muda untuk keseimbangan

Sebarkan artikel ini
Terapkan rutinitas menyikat gigi sejak usia muda untuk keseimbangan

DKI Jakarta – Rutinitas simpel seperti menyikat gigi penting untuk ditanamkan sejak usia dini untuk menegaskan kebersihan mulut dan juga kesejahteraan secara keseluruhan.

Ahli gigi anak bersertifikat di dalam Vancouver dr. Nidhi Kotak, dikutipkan dari laman Medical Daily, Rabu mengutarakan kebersihan mulut secara mengejutkan dapat memberikan dampak yang tersebut besar terhadap kesehatan secara keseluruhan. Teknik menyikat gigi yang mana efektif dapat mengelakkan dampak buruk keseimbangan gigi teristimewa pada anak-anak.

“Kebersihan yang dimaksud buruk dapat menyebabkan gigi berlubang, nyeri, juga infeksi – yang mana dapat menyebabkan pembengkakan, kunjungan ke UGD, bolos sekolah, lalu lain-lain. Perawatan mulut yang dimaksud kurang baik juga menyebabkan bau mulut serta menurunkan kepercayaan diri,” kata Dr. Nidhi Kotak.

Ia mengutarakan kebiasaan menyikat gigi mampu direalisasikan sejak anak miliki gigi pertama. Anak-anak sudah ada bisa jadi mulai menyikat gigi sendiri biasanya pada usia 7 atau 8 tahun sewaktu mereka itu telah mempunyai ketangkasan untuk melakukan pekerjaan dengan baik, atau saat mereka itu sudah ada bisa jadi mengikat tali sepatu sendiri.

Sampai pada waktu itu, biarkan merek mencoba tetapi selalu mengawasi. Gunakan sikat gigi berbulu super lembut dan juga olesan pasta gigi kemudian lakukan dengan menyanyikan lagu juga bersenang-senang.

“Saat menyikat gigi, ingatlah beberapa tip penting untuk meningkatkan rutinitas perawatan mulut Anda. Pertama, gunakan pergerakan melingkar kecil pada garis gusi, pegang sikat gigi pada sudut 45 derajat. Pastikan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap 3-6 bulan untuk menegaskan efektivitasnya," katanya.

Selain itu, jikalau anak mengalami infeksi virus atau penyakit apa pun, penting untuk segera mengganti sikat giginya untuk mengurangi infeksi ulang, ujarnya.  

American Dental Association menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluorida, kemudian luangkan setidaknya dua menit untuk setiap sesi menyikat gigi.

Untuk kebugaran mulut yang digunakan optimal, disarankan juga untuk mempertahankan pola makan segar dengan membatasi minuman manis juga makanan ringan dan juga mengunjungi dokter gigi secara rutin untuk pencegahan lalu perawatan penyakit mulut.

Dr. Kotak menyatakan menyikat gigi dalam di malam hari hari terpencil lebih banyak penting daripada ke pagi hari meskipun idealnya dijalankan 2 kali, lalu pastikan untuk membersihkan gigi dengan benang setiap hari.

“Jika Anda miliki kawat gigi, berikan perhatian ekstra pada gigi Anda – habiskan lebih banyak banyak waktu untuk merawat kebersihan mulut untuk mengurangi penyakit gusi kemudian gigi berlubang. Flosser air juga mampu membantu,” tambah Dr. Kotak.

 

 
 

Artikel ini disadur dari Terapkan rutinitas menyikat gigi sejak usia muda untuk kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *