Teknologi

Menkominfo: Target pemulihan penuh layanan PDNS 2 pada Agustus

15
×

Menkominfo: Target pemulihan penuh layanan PDNS 2 pada Agustus

Sebarkan artikel ini
Menkominfo: Target pemulihan penuh layanan PDNS 2 pada Agustus

DKI Jakarta – Menteri Komunikasi lalu Informatika Budi Arie Setiadi menyampaikan pemulihan penuh layanan Pusat Informasi Nasional Sementara (PDNS) 2 yang digunakan terkena serangan siber ditargetkan selesai pada Agustus 2024.

"Jadi full recovery layanan PDNS 2 (KSO) itu diantaranya tindakan lanjut rekomendasi hasil forensik diharapkan pertengahan Agustus 2024 sudah ada dapat dituntaskan," kata Budi Arie di Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Menkominfo lalu Kepala Badan Siber kemudian Sandi Negara (BSSN) di DPR RI Jakarta, Kamis.

Budi Arie mengemukakan target yang dimaksud masuk pada strategi pemulihan layanan jangka menengah terkait serangan siber PDNS 2 ke Surabaya.

Budi Arie mengungkapkan strategi pemulihan jangka menengah (kurang dari tiga bulan setelahnya serangan) lainnya adalah mengatur kembali layanan tenant, melakukan perbaikan standar operasional prosedur (SOP), kemudian evaluasi tata kelola PDNS yang mana ditargetkan tuntas pada pertengahan Agustus 2024.

Sementara itu, strategi pemulihan jangka pendek (20 Juni -20 Juli) meliputi respons awal, inventarisasi tenant terdampak, pemetaan aset, sirkulasi surat kewajiban backup, dan juga penyusunan strategi kemudian pedoman pemulihan layanan yang tersebut ditargetkan tuntas akhir Juni.

Sedangkan forensik ditargetkan selesai pada minggu pertama Juli. Adapun penyusunan daftar pendek lalu pemulihan layanan prioritas dan juga pemulihan layanan yang tersebut mempunyai backup ditargetkan selesai pada akhir Juli.

Budi Arie melanjutkan, strategi pemulihan layanan jangka panjang (lebih dari tiga bulan pasca serangan) meliputi audit keamanan PDNS 1 dan juga PDNS 2 oleh pihak ketiga yang mana independen yang tersebut ditargetkan selesai pada akhir September.

"Selanjutnya adalah implementasi hasil audit diharapkan selesai pada akhir November 2024," kata Budi Arie.

Sejumlah layanan rakyat pada Kamis (20/6) sempat mengalami kendala akibat adanya gangguan jiwa pada PDNS 2. Salah satu layanan yang mana sangat terdampak ialah sistem Autogate milik Ditjen Imigrasi yang mana memproduksi mobilitas komunitas terganggu.

Setelah ditelusuri didapatkan fakta bahwa PDNS 2 mengalami serangan siber merupakan ransomware bernama Brain Cipher sebuah varian baru dari ransomware Lockbit 3.0.

Hingga Selasa (25/6) teridentifikasi ada sebanyak 282 instansi yang dimaksud terimbas dari insiden PDNS 2. otoritas pun segera fokus melakukan pemulihan beragam layanan rakyat yang dimaksud terdampak juga sekaligus melakukan investigasi forensik digital.

Artikel ini disadur dari Menkominfo: Target pemulihan penuh layanan PDNS 2 pada Agustus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *