Lifestyle

Solo Kenalkan Teman Asik Wisata, Sistem Berita Informasi Kunjungan Wisatawan Akurat juga Real Time

15
×

Solo Kenalkan Teman Asik Wisata, Sistem Berita Informasi Kunjungan Wisatawan Akurat juga Real Time

Sebarkan artikel ini

Solo – pemerintahan Perkotaan Solo melalui Dinas Kebudayaan lalu Wisata setempat menyiapkan Sistem Data Angka Akselerasi Fakta Statistik Kunjungan Wisata atau disingkat Teman Asik Wisata, guna mempermudah di pelaporan data jumlah keseluruhan kunjungan wisatawan. Sistem yang dimaksud mulai disosialisasikan pada Rabu, 26 Juni 2024, di Gedung Sekretariat Bersama Daerah Perkotaan Solo dalam Kepatihan Wetan, Jebres, Solo, Jawa Tengah. 

Kepala Dinas Kebudayaan serta Peluang Usaha Pariwisata Perkotaan Solo, Aryo Widyandoko menjelaskan Teman Asik Wisata merupakan sebuah sistem informasi atau aplikasi mobile yang dirancang untuk mengurus lalu menganalisis data kunjungan wisata secara efisien.

“Sistem ini bertujuan membantu pengelola daya tarik wisata serta perniagaan pariwisata juga pemerintah wilayah di memantau serta meningkatkan sektor pariwisata melalui data statistik yang mana akurat juga real time,” ujar Aryo untuk awak media pada Perkotaan Solo, Rabu, 26 Juni 2024. 

Menurutnya, data yang tersebut nantinya tersaji di Teman Asik Wisata dapat menunjang pemerintah di merumuskan kebijakan kepariwisataan. Teman Asik Wisata ini, lanjutnya, juga mempermudah pada pelaporan data total kunjungan wisatawan.

“Salah satu faktor yang digunakan diperlukan oleh eksekutif Daerah Perkotaan Solo adalah validitas data kunjungan wisatawan pada daya tarik wisata dan juga usaha pariwisata. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan pelayanan rakyat mengenai data kunjungan wisatawan di Pusat Kota Solo,” tutur dia. 

Dia memaparkan sosialisasi Teman Asik Wisata yang mana berlangsung Rabu itu merupakan tahap pertama dengan menghadirkan 30 pelaku usaha pariwisata Perkotaan Solo, meliputi 20 dari sektor akomodasi dan juga 10 dari sektor daya tarik wisata. 

“Sosialisasi ini menyasar pelaku bidang usaha agar dapat mengerti tahapan input data secara mandiri melalui pendampingan pelatihan operasional sistem. Harapannya, dengan sosialisasi dari inisiatif ini mempercepat tahapan migrasi data dari pelaku perniagaan ke eksekutif Daerah Perkotaan Solo,” ucap dia. 

Sistem informasi data itu bisa saja diakses oleh para pengelola melalui laman temanasikwisata.solocity.travel. Di dalamnya akan ditemui dua menu utama, yakni pertama menu daya tarik wisata yang difungsikan untuk menjalankan juga merekap kunjungan wisatawan ke destinasi yang mana ada.

Sedangkan kedua adalah menu akomodasi, yang tersebut berfungsi untuk menjalankan dan juga merekap kunjungan wisatawan ke tempat-tempat penginapan di sekitar destinasi wisata.

Artikel ini disadur dari Solo Kenalkan Teman Asik Wisata, Sistem Informasi Data Kunjungan Wisatawan Akurat dan Real Time

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *