Ekonomi Bisnis

Bappenas: otoritas mulai rambah pengembangan UMKM hijau tahun 2025

13
×

Bappenas: otoritas mulai rambah pengembangan UMKM hijau tahun 2025

Sebarkan artikel ini
Bappenas: otoritas mulai rambah pengembangan UMKM hijau tahun 2025

erus terang saja, kami akui bahwa untuk SMEs/UMKM) terkait dengan green ini masih jauh

Jakarta – Direktur Pengembangunan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kemudian Koperasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Mahatmi Parwitasari Saronto menyatakan pemerintah mulai merambah pengembangan UMKM hijau pada tahun 2025.

“Terus terang saja, kami akui bahwa untuk SMEs (small and medium-sized enterprises/UMKM) terkait dengan green (UMKM hijau) ini masih jauh. Sejauh ini, secara kebijakan belum ditetapkan dengan gamblang disebut bahwa SMEs yang digunakan green itu seperti apa. Jadi memang sebenarnya untuk yang mana tahun 2025 ke depan, kita mulai mau merambah ke green SMEs” ucapannya pada kegiatan peluncuran Small Business Barometer Study Report di dalam Jakarta, Kamis.

Dalam hal ini, ia menyimpulkan apa yang dimaksud paling penting untuk dikerjakan adalah mendefinisikan UMKM hijau secara tepat. Artinya, harus diperjelas apa cuma indikator yang menimbulkan UMKM dapat dikategorikan sebagai UMKM hijau.

“Kita mau mendefinisikan green SMEs, sehingga ia (UMKM) misalnya mendapat insentif atau menambah jangkauan lingkungan ekonomi juga sebagainya. Namun, kalau kita misalnya tidak ada mampu memberikan label terhadap beliau (UMKM) bahwa beliau itu benar (termasuk kategori) green atau sosial, nanti sosialnya akan merambah tiada cuma untuk masyarakat, tapi juga terkait dengan lingkungan,” ucap Mahatmi.

Hingga kini, pihaknya disebut baru memasuki tahap analisis mengenai apa yang tersebut bisa saja diwujudkan Nusantara pada rangka mengembangkan UMKM hijau seiring pelaksanaan acara peningkatan dunia usaha hijau (green economy).

“Kalau kita berbicara mengenai greening (penghijauan) di dalam SMEs apalagi yang net zero (karbon nol), wah itu sudah ada jauh-jauh sekali. Yang lapangan usaha besar aja belum tersentuh di dalam kita, gimana mencoba misalnya SMEs. Untuk mengganti tahapan produksinya itu pasti mahal sekali. Hal ini yang tersebut tentunya kami harus hati-hati di dalam di mengambil kebijakan di dalam di sini dan juga pada akhirnya kita dapat meninjau nanti sejauh mana peran SMEs ini dalam pada upaya kita untuk menurunkan emisi karbon,” ungkap dia.

Artikel ini disadur dari Bappenas: Pemerintah mulai rambah pengembangan UMKM hijau tahun 2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *