Kesehatan

Jangan Asal Pakai, Begini Cara yang mana Benar Memakai Sunscreen

15
×

Jangan Asal Pakai, Begini Cara yang mana Benar Memakai Sunscreen

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Paparan sinar matahari dapat berkemungkinan menghancurkan kulit. Pengaplikasian sunscreen berubah jadi langkah penting di mempertahankan kesegaran serta kecantikan kulit. Berikut adalah tips memakai sunscreen yang benar.

Bolehkah Dipakai Setelah Cuci Muka?

Bagi kebanyakan orang, langkah perawatan dermis pagi hari melibatkan pembersihan, toner, lalu pelembap. Pertanyaannya, apakah sunscreen dapat digunakan setelahnya mencuci muka?

Dilansir dari My Glamm, sunscreen sebaiknya diaplikasikan setelahnya langkah-langkah dasar perawatan epidermis tersebut. Jadi, pasca membersihkan wajah, menggunakan toner, kemudian melembapkan kulit, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan sunscreen.

Perlu diingat bahwa sunscreen wajib diaplikasikan pada epidermis setidaknya 15 hingga 20 menit sebelum pergi dari ruangan agar sunscreen dapat bekerja optimal.

Perbedaan Pemakaian Physical kemudian Chemical Sunscreen

Terdapat dua tipe sunscreen, yakni sunscreen kimia (chemical) serta sunscreen fisik (physical). Fungsi keduanya sama-sama melindungi lapisan kulit dari paparan sinar UV. Namun ada perbedaan pada cara penggunaannya.

Dikutip dari Watson, sunscreen kimia sebaiknya diaplikasikan sebelum pelembap. Sunscreen kimia bekerja dengan mengangkat sinar ultraviolet dari matahari kemudian mengubahnya berubah menjadi panas yang digunakan kemudian dilepaskan.

Aktivasi sunscreen kimia membutuhkan waktu 20 sampai 30 menit sebelum terpapar sinar matahari agar memberikan pemeliharaan optimal. Karena itu, disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen kimia dengan segera pada epidermis tanpa lapisan pelembap tebal agar materi aktifnya dapat meresap ke di dermis dengan baik.

Sebaliknya, sunscreen fisik yang mengandung titanium dioksida atau zinc oksida dapat diaplikasikan setelahnya pemanfaatan pelembap kemudian komoditas perawatan epidermis lainnya. Sunscreen fisik bekerja sebagai penghalang fisik yang berada di dalam menghadapi lapisan kulit untuk memantulkan sinar UV.

Dalam hal ini, sunscreen fisik dapat diterapkan sebagai lapisan terakhir untuk menciptakan penghalang fisik juga melindungi dermis dari paparan sinar matahari.

Reapply Sunscreen

Selain pemakaian sebelum mengundurkan diri dari ruangan, reaplikasi sunscreen sangat penting, teristimewa jikalau epidermis terpapar sinar matahari pada waktu yang mana lama.

Sebaiknya pemakaian sunscreen diulang setiap 30 hingga 60 menit untuk melindungi daya tahan dermis sehingga kehancuran akibat matahari, seperti epidermis menghitam atau penuaan dini, dapat dihindari. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 25 apabila berada dalam di ruangan, kemudian minimal SPF 50 jikalau berada pada luar ruangan.

Sunscreen dapat diulang bahkan dalam menghadapi makeup , juga cara praktis untuk melakukannya adalah dengan menggunakan sunscreen pada bentuk semprotan. Sunscreen semprot ini tiada semata-mata simpel diaplikasikan kembali pada melawan makeup, tetapi juga tak merusak dasar makeup.

Waspada Cuaca Ekstrem, Kenali Bahaya Paparan Sinar UV

Artikel ini disadur dari Jangan Asal Pakai, Begini Cara yang Benar Memakai Sunscreen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *