Ekonomi Bisnis

Cuaca Buruk, Penerbangan Wings Air Rute Pulau Jemaja-Batam Ditunda hingga Mulai Pekan Awal Hari

14
×

Cuaca Buruk, Penerbangan Wings Air Rute Pulau Jemaja-Batam Ditunda hingga Mulai Pekan Awal Hari

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Salah seseorang penumpang Wings Air, Elik Susanto seharusnya telah tiba di dalam Ibukota Indonesia untuk menyelesaikan pekerjaan, pada Minggu, 30 Juni 2024. Namun, ia masih tertahan di Kepulauan Riau lantaran jadwal maskapai penerbangan yang digunakan akan ia tumpangi ke Batam terlebih dahulu, dialihkan besok.

Elik adalah satu dari puluhan calon penumpang Wings Air rute Pulau Jemaja-Batam yang digunakan dijadwalkan terbang pada Minggu, pukul 13.35. Namun hingga pukul 14.00, pesawat yang mana akan ditumpangi, tiada kunjung tiba di dalam Bandara Letung. Belakangan, ia mendapat informasi bahwa penerbangan dialihkan ke Senin, 1 Juli 2024, pukul 08.15.

“Pukul 16.00, pesawat dinyatakan retun to base (kembali ke bandara keberangkatan) ke Batam,” kata Elik terhadap Tempo, Akhir Pekan malam. 

Berdasarkan informasi yang dimaksud ia terima dari pihak maskapai, pesawat tiada jadi mendarat di Bandara Letung akibat cuaca buruk. “Cuaca memang sebenarnya hujan dalam sekitar Bandara Letung,” ujarnya. 

Meski ada penundaan, ia menyatakan bukan ada kompensasi dari pihak maskapai. Ia pun akhirnya menginap di dalam hotel dengan biaya sendiri. “Mungkin oleh sebab itu bukanlah kesalahan Wings, makanya bukan ada kompensasi,” tuturnya.

Ia menerima situasi ini dikarenakan baginya keselamatan jarak jauh lebih besar penting. Lagipula, pria yang tersebut berprofesi sebagai tenaga pengajar jurnalistik itu tak punya pilihan lain. Pasalnya, pesawat dari Batam ke Bandara Letung belaka ada tiga hingga empat kali sepekan. Penerbangan tersebut, kata dia, dijadwalkan saban Minggu, Senin, Rabu, kemudian Jumat. 

Adapun untuk jadwal besok Senin, 1 Juli 2024, rencananya pesawat terbang dari Batam pukul 06.00. Kemudian, terbang dari Letung ke Batam pukul 8.15 pagi. “Semoga cuaca lebih tinggi bersahabat, sehingga kami sanggup terbang ke Batam kemudian melanjutkan ke Jakarta,” tuturnya.

Ihwal penundaan penerbangan Wings Air rute Pulau Jemaju-Batam, Tempo berupaya mengonfirmasi hal ini terhadap pihak Lion Air Group. Namun, Corporate Communications Officer Lion Group Neni Artauli Sianturi belum mampu menyampaikan detail informasi, termasuk ihwal kompensasi untuk calon penumpang. “Akan kami cek terlebih dahulu untuk flight tersebut,” katanya di mana dikonfirmasi Tempo melalui aplikasi mobile perpesanan, Hari Minggu malam, 30  Juni 2024.

: Seluruh Penerbangan Wings Air Ternate-Manado Tidak Dioperasikan

Artikel ini disadur dari Cuaca Buruk, Penerbangan Wings Air Rute Pulau Jemaja-Batam Ditunda hingga Senin Pagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *