Uncategorized

Perindo Dukung UMKM Hijau 2025, Begini 3 Nasehat untuk eksekutif

16
×

Perindo Dukung UMKM Hijau 2025, Begini 3 Nasehat untuk eksekutif

Sebarkan artikel ini
Perindo Dukung UMKM Hijau 2025, Begini 3 Nasehat untuk eksekutif

JAKARTA Partai Perindo mengupayakan upaya pemerintah pada menggalakkan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, lalu Menengah ( UMKM ) hijau. Gagasan UMKM hijau berorientasi pada lingkungan juga akan dilaksanakan mulai 2025.

Ketua Lingkup Pendidikan dan juga Pembangunan Orang DPP Partai Perindo, Agus Taufiq menjelaskan, pengembangan UMKM hijau sejalan dengan semangat partainya. Perindo, selain fokus pada pengembangan UMKM, juga berpihak pada sistem perekonomian berkelanjutan.

“Ini sejalan dengan semangat Perindo sebagai partai yang tersebut berpihak pada sistem perekonomian berkelajutan yang dimaksud rendah karbon, efisien di pemanfaatan sumber daya, kemudian inklusif secara sosial,” kata Agus ketika dihubungi, Hari Sabtu (29/6/2024).

Agus mengungkapkan, konsep UMKM hijau juga harus diterjemahkan di langkah-langkah teknis konkret. Jangan sampai konsepnya berhenti di dalam tahapan wacana. “Tentu agar tak belaka wacana, maka rencana ini perlu diterjemahkan di langkah-langkah yang mana lebih lanjut teknis,” katanya.

Dia menyarankan tiga langkah teknis yang digunakan sanggup menjadi masukan bagi pemerintah guna mengembangkan UMKM hijau secara lebih lanjut konkret serta optimal. “Pertama, pemerintah penting menetapkan dulu indeks sektor ekonomi hijau sebagai indikator yang tersebut jelas, didefinisikan UMKM hijau itu yang tersebut seperti apa, pada waktu ini kan belum ada kebijakannya,” katanya.

Kedua, lanjut Agus, perlunya pembuatan regulasi yang digunakan jelas kemudian memberikan edukasi mendalam bagi para pelaku UMKM atau masyarakat yang tersebut hendak membuka UMKM hijau tersebut.

“Ketiga lalu yang mana paling penting, memberikan insentif pembiayaan bagi UMKM hijau,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Pengembangunan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kemudian Koperasi Kementerian PPN/Bappenas, Mahatmi Parwitasari Saronto mengungkapkan rencana pemerintah yang mana berada dalam mengembangkan UMKM hijau mulai 2025. Mahatmi mengakui pemerintah sadar bahwa UMKM hijau ini masih berjauhan dari harapan. Selain belum adanya kebijakan yang digunakan jelas, Mahatmi berujar rencana yang dimaksud berada dalam digodok untuk penerapan pada 2025.

“Sejauh ini, secara kebijakan belum ditetapkan dengan gamblang disebut bahwa UMKM yang hijau itu seperti apa. Jadi memang sebenarnya untuk yang tersebut tahun 2025 ke depan, kita mulai mau merambah ke UMKM hijau,” katanya di kegiatan peluncuran Small Business Barometer Study Report pada Jakarta, Kamis (27/6/2024) lalu.

Artikel ini disadur dari Perindo Dukung UMKM Hijau 2025, Begini 3 Saran untuk Pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *