Uncategorized

Punya 6 Sertifikat Silat untuk Jalur Prestasi PPDB tapi Satu Jurus Pun Tak Bisa

13
×

Punya 6 Sertifikat Silat untuk Jalur Prestasi PPDB tapi Satu Jurus Pun Tak Bisa

Sebarkan artikel ini
Punya 6 Sertifikat Silat untuk Jalur Prestasi PPDB tapi Satu Jurus Pun Tak Bisa

JAKARTA Ombudsman RI menemukan menemukan pemalsuan sertifikat silat yang dimaksud digunakan untuk jalur prestasi non-akademik Penerimaan Partisipan Didik Baru ( PPDB ). Siswa memiliki enam sertifikat silat tapi tidak ada menguasai satu jurus pun.

Anggota Ombudsman RI, Indraza Marzuki Rais mengatakan, dalam era digital sekarang sangat sederhana memalsukan sertifikat, salah satunya pemalsuan sertifikat perlombaan. Untuk itu, ia mengimbau panitia PPDB untuk mengkonfirmasi sertifikat ke pihak-pihak terkait.

“Di era digital ini sekarang berbagai sekali juga gampang untuk mencetak sertifikat-sertifikat kejuaraan, sekarang balik lagi, apakah panitia melakukan verifikasi dan juga validasi dengan induk olahraga, atau Dinas Kebudayaan, tidak,” kata Indraza untuk SINDOnews, Hari Sabtu (29/6/2024).

Salah satu contoh pemalsuan sertifikat perlombaan yang dimaksud ia temui pada area Sumatera Selatan (Sumsel). Di sana, Indraza menyebutkan, terdapat siswa yang mana mempunyai enam sertifikat silat. Namun, pada saat diminta untuk menunjukkan skill-nya, siswa yang dimaksud dimaksud tak mampu menunjukkan. Bahkan, satu jurus pun tak ada yang mana dikuasai.

“Contoh kemarin saya ke Sumsel ada anak yang digunakan punya sertifikat juara silat sampai enam, bayangin kalau nilainya (satu sertifikat) 200 maka beliau dapat 1.200, tapi satu jurus pun anaknya bukan bisa,” katanya.

Indraza melanjutkan, PPDB prestasi menjadi jalur yang digunakan sangat rawan berlangsung ‘titipan’. Pasalnya, bukan ada transparansi pada pemberian nilai bagi siswa lewat jalur prestasi.

“Yang lebih tinggi mengerikan lagi prestasi itu berubah menjadi turnamen siswa titipan, akibat disitulah sewaktu itu dia yang tersebut memasukkan nilai dan juga tidaklah pernah terbuka hasil prestasi anak ini skornya sekian,” ujarnya.

“Tidak transparan, di dalam situlah permainan panitia dan juga orang-orang tua yang dimaksud sanggup menyogok,” tandasnya.

Sekadar informasi, wawancara dengan Indraza Marzuki Rais tentang permasalahan PPDB akan ditayangkan pada SindonewsTV pada Jumat, 5 Juli 2024 pukul 21.30 WIB.

Artikel ini disadur dari Punya 6 Sertifikat Silat untuk Jalur Prestasi PPDB tapi Satu Jurus Pun Tak Bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *