Lifestyle

5 Ciri Paspor Rusak, Bisa Bikin Gagal Traveling ke Luar Negeri

11
×

5 Ciri Paspor Rusak, Bisa Bikin Gagal Traveling ke Luar Negeri

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Awal pekan ini menyebar dalam media sosial insiden seseorang selebgram dari Aceh tak dibolehkan check-in dalam Bandara Kualanamu, Medan, sebab paspornya dianggap rusak. Selebgram itu berencana bepergian ke Bangkok, Thailand. 

Karena ditolak, selebgram marah-marah di video yang mana diedit di dalam Instagram. Dia menyatakan bahwa paspornya hanya sekali rusak sedikit dan juga menurut dia, harusnya masih bisa saja digunakan. 

Paspor rusak rutin kali bermetamorfosis menjadi kesulitan bagi wisatawan yang digunakan akan bepergian ke luar negeri. Banyak wisatawan gagal liburan oleh sebab itu paspor rusak. Seperti apakah ciri-ciri paspor rusak? 

Ciri-ciri Paspor Rusak

Berdasarkan Permenkumham No. 8 Tahun 2014 pasal 35, paspor dikatakan rusak sedemikian rupa sehingga menyebabkan informasi di dalamnya menjadi tidaklah jelas, atau memberi kesan yang tidak ada pantas lagi sebagai dokumen resmi. 

Dalam unggahannya di dalam Facebook, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum juga Hak Asasi Manusia menyampaikan lima ciri paspor rusak, yakni

1. Sobek

2. Berlubang

3. Dicoret/tercoret

4. Basah

5. Terlipat. 

Jadi, sebelum bepergian, periksa paspor apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti robek, noda, atau halaman yang tersebut hilang. Pastikan halaman depan yang mana ada foto lalu data pemilik paspor bebas dari kerusakan. Selalu simpan paspor ke tempat yang aman, kering, serta terlindungi, di rumah maupun ketika bepergian.

Penyebab Lain Paspor Tidak Berlaku 

Selain oleh sebab itu rusak, paspor juga sanggup tak berlaku akibat beberapa hal. Salah satunya adalah hampir kedaluwarsa. Beberapa negara tidak ada mengizinkan wisatawan masuk apabila paspor akan habis masa berlakunya di 6 bulan atau kurang. 

Selain itu, paspor juga bisa saja tidaklah berlaku saat halaman kosong pada paspor telah habis. Orang yang digunakan rutin bepergian ke luar negeri akan banyak mendapatkan visa yang dimaksud ditempelkan ke paspor juga stempel negara selama lalu tujuan. Beberapa negara tiada mengizinkan masuk kecuali masih ada sisa setidaknya 2 hingga 4 halaman kosong dalam paspor. 

Paspor palsu juga tiada akan berlaku sehingga memproduksi rencana traveling ke luar negeri bisa jadi dibatalkan. Pemalsuan paspor mampu cuma terjadi. Jadi, pastikan mengajukan permohonan paspor ke lokasi yang mana tepat atau aplikasi mobile yang digunakan benar serta tak menggunakan calo. Penipu terkadang menimbulkan laman web palsu atau mengirim arahan dengan berpura-pura berasal dari Kantor Imigrasi. 

Di bandara-bandara besar seperti Bandara Soekarno-Hatta terdapat layanan pembuatan paspor dengan percepatan. Jika ingin penggantian, kantor ini bisa saja menyediakan paspor baru di hitungan jam. 

Artikel ini disadur dari 5 Ciri Paspor Rusak, Bisa Bikin Gagal Traveling ke Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *