Lifestyle

De Tjolomadoe, Museum Bekas Pabrik Gula ke Dekat Rumah Pensiun Jokowi pada Colomadu Karanganyar

13
×

De Tjolomadoe, Museum Bekas Pabrik Gula ke Dekat Rumah Pensiun Jokowi pada Colomadu Karanganyar

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Kecamatan Colomadu dalam Karanganyar berubah menjadi pembicaraan setelahnya berubah jadi area yang mana dipilih Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk rumah hadiah negara ketika purna tugas. Rumah itu dibangun di dalam Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Daerah Karanganyar, Jawa Tengah. Pembangunan rumah pensiun Jokowi telah dimulai, ditandai dengan peletakan batu pertama pada Senin, 1 Juli 2024. 

Lokasi rumah ini berada tak terpencil dari objek wisata populer pada Karanganyar, De Tjolomadoe. Benda wisata yang digunakan juga berada di Jalan Adi Sucipto Colomadu ini merupakan bangunan bersejarah yang digunakan pada zaman kolonial berfungsi sebagai pabrik gula besar.

Sejarah De Tjolomadoe

Dilansir dari web resmi eksekutif Daerah Karanganyar, pabrik gula ini dibangun pada 1861 oleh Mangkunegara IV dengan kerja serupa pemerintah kolonial Belanda. Setelah Tanah Air merdeka, kepemilikan Pabrik Gula Colomadu diambil alih oleh pemerintah Negara Indonesia pada 1950. Sebelumnya, pabrik gula ini dikuasai Belanda.

Salah satu ruangan ke museum De Tjolomadoe, bekas pabrik gula pada Coomadu, Karanganyar (detjolomadoe.com)

Sayang, pabrik yang dimaksud berada di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara ini berhenti beroperasi pada 1998. Alasannya, pada waktu itu berjalan krisis moneter kemudian tak ada lagi lahan yang digunakan mampu ditanami tebu sebagai unsur baku gula. Meski berhenti beroperasi selama 20 tahun, bangunan yang digunakan berubah menjadi saksi bisu era kejayaan bidang gula dalam tanah Jawa itu tak dibongkar. 

Pada 2017, Pabrik Gula Colomadu dihidupkan kembali dengan wajah baru. Tapi fungsinya tidak lagi sebagai pabrik gula. Kementerian BUMN melakukan revitalisasi pabrik dengan beberapa pihak untuk menjadikannya objek wisata cagar budaya ke bawah pengelolaan PT Sinergi Colomadu. 

Wisata ke De Tjolomadoe

Dengan luas bangunan pabrik yang tersebut dapat di dalam jelajahi sekitar 1,3 hektare dari total luas lahan 6,4 hektare, kawasan wisata De Tjolomadoe dibuka untuk umum pada 2018. Dari pabrik gula tua, bangunan ini diubah menjadi kompleks yang digunakan terdiri dari museum, aula konser Tjolomadoe, aula serbaguna Sarkara, restoran, dan juga toko ritel yang tersebut menawarkan hasil kerajinan kemudian suvenir.

Tempat ini berjarak sekitar 5 menit dari Bandara Internasional Adi Sumarmo kemudian 20 menit dari pusat kota. Pengunjung tak penting membayar untuk memasuki kompleks pabrik gula di Colomadu ini. Namun apabila ingin masuk ke museum, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp40.000 per khalayak untuk dewasa serta Rp30.000 untuk pelajar. 

Selain museum bekas pabrik gula ke Colomadu ini juga menawarkan beberapa aktivitas seperti menyewa otoped. Tempat ini juga rutin berubah menjadi okasi konser, pernikahan, sampai pameran. 

Artikel ini disadur dari De Tjolomadoe, Museum Bekas Pabrik Gula di Dekat Rumah Pensiun Jokowi di Colomadu Karanganyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *