Lifestyle

Paspor Rusak, Selebgram dari Aceh Gagal Terbang ke Bangkok

16
×

Paspor Rusak, Selebgram dari Aceh Gagal Terbang ke Bangkok

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Seorang selebgram dari Aceh bernama Cut Melisa marah-marah lantaran tak dibolehkan terbang ke Bangkok, Thailand, oleh sebab itu paspornya rusak pada Ahad, 30 Juni 2024. Paspor yang dimaksud ditolak counter check-in penumpang Air Asia dikarenakan sedikit sobek di dalam bagian ujung lalu ada bekas lipatan sehingga dianggap rusak. 

Cut Melisa mengunggah video ke Instagram pada Ahad, 30 Juni 2024. Dia terlihat berada dalam depan counter check-in maskapai penerbangan AirAsia. 

“Jadi ibu-ibu semuanya, saya dipersulit nggak bisa saja terbang, oleh perempuan yang digunakan namanya (dia mengumumkan nama pelaku check-in AirAsia), beliau memperlambat tiket saya sampai saya tertinggal pesawat, padahal di imigrasi boleh terbang,” kata Cut Melisa dengan pendapat tinggi. 

Sehari setelahnya unggahan itu, Melisa membagian video lain yang mana menurut ia dari Bangkok. Video itu memperlihatkan kesibukan pada sebuah tempat belanja.

Saya beli tiket baru bersatu suami saya. Bantu doa y teman2 semoga jualan saya laris amin,” tulis ia pada keterangan. 

Paspor Rusak 

Melisa juga mengunggah video yang mana menunjukkan paspornya yang dianggap rusak. Paspor rusak yang disebutkan terlihat sedikit sobek ke bagian ujung bawah foto dan juga ada bekas lipatan kecil. 

“Ini adalah paspor aku yang mana rusak sedikit, ke ujung terlipat, tapi bukan tembus. Aku lurusin telah aman. Tapi gara-gara ini aku bukan mampu terbang,” kata dia. 

Dia setelah itu menceritakan bahwa ia check-in sesudah itu mengawaitu dari pukul 1 sampai pukul 3 tidaklah ada kejelasan. Lalu, suaminya ke Imigrasi untuk mengecek paspornya. Dia mengklaim, pada saat di-scan, paspor itu aman. Tapi ia telah ketinggalan pesawat. Dia mengaku mengamuk setelahnya itu lalu meminta-minta tiketnya dikembalikan tetapi tak bisa. 

“Ini yang dimaksud rusak, ini yang digunakan rusak teman-teman online, sedikit saja. Tidak rusak semua,” kata ia sambil menunjukkan bagian yang rusak. 

Kata Netizen 

Unggahan Melisa ini mendapatkan banyak komentar dari Netizen. Salah manusia memberi saran agar Cut Melisa mengganti paspor agar tambahan aman. 

Kk cut my advice;next balik ke indo cus segera tukar Pasports baru aja kk,,Karena Di sebahagian negara dg pasport status begitu gak bisa jadi masuk,,,Indonesia juga begitu kk,,pasport ke Tetesan air pun gak mampu masuk ke indo,” kata dia. 

Warganet lainnya menganggap paspor yang digunakan diperlihatkan Melisa ini memang sebenarnya rusak lalu pelaku hanya sekali menjalankan SOP. “Tapi kalau udah terlipat emang berstatus rusak paspornya, pendatang yg kerja di maskapai hanya sekali menjalankan SOP, tdk ada namanya mempersulit tp emang khalayak kerja tuh ada aturan2 yg harus pada jalankan, ya namanya jg karyawan mba, masa mo ngelanggar, aturan paspor udah aturan dari negara, bkn mba deanya yg bikin aturan sndri,” tulis dia. 

Emg paspor cacat itu gak boleh buat flight, bisa saja aja dalam imigrasi indo lolos tapi ke negara tujuan gak dilolosin, nah yg tanggung jawab ya maskapainya, jadi maskapai pasti gak mau ambil resiko. Daripada ngomel2 gajelas mending cari aturan yg bener dulu deh,” tulis yang digunakan lain. 

Penjelasan AirAsia

Corporate Communication Manager Negara Indonesia AirAsia Ageng Wibowo menjelaskan bahwa insiden yang disebutkan muncul dalam Bandara Kualanamu pada 29 Juni 2024. Penumpang yang dimaksud dijadwalkan berangkat dari Kualanamu menuju Don Mueang, Thailand. Namun, beliau tidaklah diizinkan check-in oleh sebab itu paspor pada bagian halaman identitas sobek. 

“Sesuai peraturan Menteri Hukum kemudian HAM No. 8 tahun 2014, paspor yang mana rusak bukan dapat digunakan untuk perjalanan sehingga penumpang yang disebutkan tidaklah diizinkan untuk check-in,” demikian penjelasan Ageng, Selasa, 2 Juli 2024. 

Dijelaskan pula bahwa sebelumnya staf sudah ada melakukan verifikasi paspor yang bukan sesuai dengan peraturan untuk otoritas terkait. Menurut AirAsia, ada peluang risiko ditolak oleh otoritas di negara tujuan. Penumpang itu dijadwalkan terbang keesokan harinya setelahnya menerima penjelasan bahwa prospek risiko akan jadi tanggung jawab penumpang sepenuhnya. 

Artikel ini disadur dari Paspor Rusak, Selebgram dari Aceh Gagal Terbang ke Bangkok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *