Lifestyle

Sambut Olimpiade Paris 2024: Mengenal Kuliner Prancis

13
×

Sambut Olimpiade Paris 2024: Mengenal Kuliner Prancis

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Prancis dikenal sebagai salah satu pusat kuliner bumi dengan beraneka hidangan yang dimaksud menggugah selera. Dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup, kuliner Prancis menawarkan rasa juga presentasi yang dimaksud tak tertandingi.

Beberapa pekan lagi Ibu Perkotaan Prancis, Paris akan berubah menjadi pusat perhatian oleh sebab itu kompetisi Olimpiade Paris 2024 yang tersebut dijalankan pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. 

Setiap hidangan di kuliner Prancis dibuat dengan perhatian terhadap detail juga menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Keahlian para koki di menggabungkan bermacam rasa serta tekstur menjadikan masakan Prancis begitu istimewa. Selain itu, tradisi kuliner yang tersebut kaya dan juga beragam dari setiap wilayah dalam Prancis turut menyumbang keunikan setiap hidangan.

Misalnya, Provence terkenal dengan hidangan sayurannya, sementara Burgundy dikenal dengan hidangan berbasis anggur merah. Tidak belaka itu, budaya menikmati makanan dengan perlahan juga menghargai setiap gigitan juga berubah menjadi bagian integral dari pengalaman kuliner di Prancis. Semua ini memproduksi kuliner Prancis berubah menjadi salah satu yang tersebut terbaik di dunia.

Deretan Makanan Khas Prancis

 1. Croissant

Tidak ada yang dimaksud lebih banyak ikonik dari sarapan khas Prancis selain croissant. Roti berbentuk bulan sabit ini terbuat dari adonan yang diolah dengan banyak mentega, memunculkan lapisan-lapisan yang renyah dalam luar juga lembut dalam dalam. Croissant biasanya disajikan pada waktu sarapan dengan secangkir kopi atau cokelat panas. Di beberapa kafe, croissant juga disajikan dengan isian seperti cokelat, almond, atau keju.

 2. Escargot

Escargot atau bekicot adalah hidangan khas yang rutin menjadi pembuka di restoran-restoran Prancis. Bekicot biasanya dimasak dengan bawang putih, mentega, dan juga peterseli. Hidangan ini memiliki tekstur yang kenyal dan juga rasa yang mana kaya, khususnya oleh sebab itu mentega bawang putih yang digunakan meresap ke di daging bekicot. Meski terdengar aneh bagi sebagian orang, escargot sangat populer di dalam Prancis dan juga layak untuk dicoba.

Escargot. Shutterstock

 3. Ratatouille

Ratatouille adalah hidangan sayuran yang berasal dari wilayah Provence di Prancis. Hidangan ini terdiri dari beraneka sayuran seperti terong, zucchini, paprika, tomat, juga bawang yang dimaksud dimasak sama-sama dengan minyak zaitun, bawang putih, dan juga rempah-rempah Provencal. Ratatouille dapat disajikan sebagai lauk atau hidangan utama, kerap kali sama-sama dengan roti atau nasi. Rasanya yang segar serta penuh dengan aroma rempah menimbulkan ratatouille berubah menjadi favorit sejumlah orang.

 4. Coq au Vin

Coq au Vin adalah hidangan tradisional Prancis yang tersebut berarti “ayam di anggur”. Hidangan ini terdiri dari ayam yang tersebut dimasak dengan anggur merah, bacon, jamur, lalu bawang kecil. Proses memasak yang dimaksud lambat menciptakan daging ayam berubah menjadi sangat lembut serta penuh dengan rasa. Coq au Vin biasanya disajikan dengan kentang atau pasta, menjadikannya hidangan yang mana sempurna untuk makan malam.

 5. Bouillabaisse

Bouillabaisse adalah sup ikan khas dari Marseille di wilayah Provence. Sup ini terdiri dari berubah-ubah jenis ikan juga makanan laut seperti kerang, udang, juga cumi, yang dimasak dengan tomat, bawang, kemudian rempah-rempah seperti saffron dan juga thyme. Bouillabaisse biasanya disajikan dengan saus rouille, sejenis mayones yang tersebut dibuat dari bawang putih, ikterus telur, dan juga minyak zaitun, yang dioleskan pada roti panggang lalu dicelupkan ke di sup.

 6. Quiche Lorraine

Quiche Lorraine adalah hidangan tart yang tersebut terbuat dari adonan pastry yang digunakan diisi dengan campuran telur, krim, bacon, dan juga keju. Quiche ini berasal dari wilayah Lorraine pada timur laut Prancis. Quiche Lorraine rutin disajikan sebagai hidangan pembuka atau makan siang ringan. Rasa gurih juga tekstur lembut dari isiannya menimbulkan quiche Lorraine bermetamorfosis menjadi salah satu hidangan yang digunakan populer ke seluruh dunia.

 7. Crêpes

Crêpes adalah pancake tipis yang tersebut berasal dari wilayah Brittany pada Prancis. Crêpes bisa jadi disajikan dengan beragam isian, baik manis maupun gurih. Untuk isian manis, crêpes biasanya diisi dengan cokelat, buah-buahan, atau selai. Sedangkan untuk isian gurih, crêpes dapat diisi dengan keju, ham, telur, atau sayuran. Crêpes sangat populer sebagai makanan jalanan dalam Prancis dan juga mampu ditemukan di hampir setiap sudut kota.

 8. Boeuf Bourguignon

Boeuf Bourguignon adalah hidangan daging sapi yang mana dimasak dengan anggur merah, kaldu sapi, bawang, bawang putih, lalu beragam rempah. Hidangan ini berasal dari wilayah Burgundy, yang dimaksud terkenal dengan anggur merahnya. Proses memasak yang mana lambat menyebabkan daging sapi menjadi sangat lembut juga penuh dengan rasa. Boeuf Bourguignon biasanya disajikan dengan kentang, pasta, atau roti.

 9. Tarte Tatin

Tarte Tatin adalah tart apel terbalik yang mana terkenal dari Prancis. Tart ini dibuat dengan menata irisan apel yang tersebut dimasak dengan mentega kemudian gula hingga karamel, kemudian ditutup dengan adonan pastry kemudian dipanggang hingga matang. Setelah matang, tart dibalik sehingga apel yang tersebut karamel berada pada atas. Tarte Tatin biasanya disajikan hangat dengan krim kocok atau es krim vanila.

 10. Crème Brûlée

Crème Brûlée adalah hidangan penutup yang digunakan terdiri dari puding vanila yang tersebut lembut dengan lapisan gula yang digunakan dibakar dalam atasnya. Proses membakar gula hingga menjadi karamel memberikan tekstur renyah yang tersebut kontras dengan puding yang mana lembut. Crème Brûlée rutin disajikan ke restoran-restoran Prancis dan juga bermetamorfosis menjadi favorit sejumlah pemukim sebab kombinasi tekstur lalu rasa yang tersebut sempurna.

Artikel ini disadur dari Sambut Olimpiade Paris 2024: Mengenal Kuliner Prancis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *