Internasional

Agama Warga Negara Slovenia serta Persentasenya

31
×

Agama Warga Negara Slovenia serta Persentasenya

Sebarkan artikel ini
Agama Warga Negara Slovenia dan juga Persentasenya

LJUBLJANA – Slovenia merupakan negara anggota Uni Eropa (UE) juga Pakta Perlindungan Atlantik Utara (NATO). Penduduknya menganut beragam agama, namun mayoritas adalah Katolik.

Secara geografis, Slovenia berubah menjadi salah satu negara di kawasan Eropa Tengah. Secara resmi, negara itu bernama Republik Slovenia.

Melihat wilayahnya, Slovenia miliki ibu kota di Ljubljana. Negara ini berbagi perbatasan dengan Italia di barat, Austria pada utara, Hungaria pada timur laut, dan juga Kroasia di dalam selatan dan juga tenggara.

Pada sektor keberadaan beragama, warga Slovenia diketahui menganut sebagian agama atau kepercayaan yang dimaksud berbeda. Berikut ini persentasenya yang mampu diketahui.

Agama Warga Negara Slovenia

1. Katolik Roma

Kebebasan beragama di dalam Slovenia sudah pernah ditentukan oleh konstitusi dan juga undang-undang yang digunakan berlaku. Artinya, setiap warga negara diberikan kebebasan untuk menganut agama atau kepercayaan tertentu.

Mengutip data Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (Deplu AS), mayoritas penduduk Slovenia menganut agama Katolik Roma. Jumlahnya pun terbilang sangat besar dari perkiraan total penduduk Slovenia yang mencapai 2,1 jt jiwa pada 2022.

Gereja Katolik Roma memperkirakan keanggotaan pemeluknya ke Slovenia mencapai hitungan 1,5 jt orang. Jika dikonversi, angkanya kemungkinan besar setara dengan 71% dari total populasi.

2. Islam

Islam juga miliki cukup berbagai penganut ke Slovenia. Menurut Sekretaris Jenderal Komunitas Islam Slovenia (Islamic Community), populasi Muslim pada negara ini mencapai 100.000 pendatang atau sekitar 5%.

Persebaran pemeluk Islam dalam Slovenia pun beragam. Sebagian pada antaranya berasal dari pengungsi atau imigran hingga pekerja asing.

Artikel ini disadur dari Agama Warga Negara Slovenia dan Persentasenya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *