Internasional

Deretan Penghargaan Claudia Sheinbaum, Presiden Terpilih Meksiko Keturunan Yahudi

36
×

Deretan Penghargaan Claudia Sheinbaum, Presiden Terpilih Meksiko Keturunan Yahudi

Sebarkan artikel ini
Deretan Penghargaan Claudia Sheinbaum, Presiden Terpilih Meksiko Keturunan Yahudi

JAKARTA – Claudia Sheinbaum Pardo berubah menjadi presiden terpilih Meksiko pasca meraih kemenangan di pemilihan umum pada hari Akhir Pekan lalu.

Mantan wali kota Mexico City berusia 61 tahun ini juga akan tercatat sebagai pemimpin perempuan pertama Meksiko pada tambahan dari 200 tahun kemerdekaan negara tersebut.

Politisi perempuan dari keluarga Yahudi Ashkenazi ini lahir pada 24 Juni 1962. Seperti orangtuanya, Sheinbaum juga dikenal sebagai ilmuwan.

Sheinbaum dikenal berhadapan dengan kontribusinya di penelitian inovasi iklim serta energi berkelanjutan. Dia pernah menjadi anggota Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) yang meraih kemenangan Hadiah Nobel Damai pada tahun 2007.

Dia memulai karier politiknya dalam Partai Revolusi Demokratik (PRD) sebelum bergabung dengan Partai Morena. Dia menjabat sebagai Wali Daerah Perkotaan Mexico City dari 2018 hingga 2023, di dalam mana beliau berfokus pada inisiatif lingkungan lalu sosial.

Di bawah kepemimpinannya, kota yang dimaksud mengalami peningkatan pada transportasi umum berkelanjutan serta pengurangan emisi karbon.

Sheinbaum terpilih sebagai presiden, meneruskan jadwal progresif pendahulunya; Andres Manuel Lopez Obrador, dengan fokus pada pengurangan ketimpangan, pemberantasan korupsi, kemudian keberlanjutan lingkungan.

Deretan Penghargaan Penting yang dimaksud Diraih Claudia Sheinbaum Pardo

1. Nobel Damai (2007)

Claudia Sheinbaum Pardo merupakan bagian dari grup IPCC yang dimaksud dianugerahi Nobel Damai pada tahun 2007.

Artikel ini disadur dari Deretan Penghargaan Claudia Sheinbaum, Presiden Terpilih Meksiko Keturunan Yahudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *