Internasional

Rusia serta China Berselisih dengan Amerika Serikat tentang Resolusi PBB tentang Gencatan Senjata Daerah Gaza

34
×

Rusia serta China Berselisih dengan Amerika Serikat tentang Resolusi PBB tentang Gencatan Senjata Daerah Gaza

Sebarkan artikel ini
Rusia juga China Berselisih dengan Amerika Serikat tentang Resolusi PBB tentang Gencatan Senjata Daerah Kawasan Gaza

NEW YORK – Rusia kemudian China, yang memegang hak veto di Dewan Keselamatan PBB, menyuarakan kekhawatirannya terhadap rancangan resolusi Amerika Serikat (AS) yang dimaksud akan mengupayakan proposal yang tersebut diusulkan Presiden Joe Biden untuk gencatan senjata dalam Gaza.

“Satu-satunya anggota Arab pada Dewan Keselamatan PBB, Aljazair, juga mengisyaratkan mereka belum siap menggalang teks resolusi tersebut,” ungkap para diplomat, dilansir Perusahaan Berita Reuters pada Kamis (6/6/2024).

Satu resolusi membutuhkan minimal sembilan kata-kata yang digunakan membantu lalu bukan ada veto oleh AS, Prancis, Inggris, China, atau Rusia untuk meloloskannya.

Biden memaparkan rencana gencatan senjata tiga fase untuk Jalur Wilayah Gaza sepekan setelah itu yang digunakan beliau gambarkan sebagai inisiatif Israel.

Namun Pertama Menteri negara Israel Benjamin Netanyahu dengan cepat mengumumkan Tel Aviv tidaklah akan menghentikan pertempuran secara permanen. Netanyahu tampaknya menyita perhatian kembali kesepakatan tersebut.

AS saat ini berada dalam mencari dukungan internasional untuk rencana yang digunakan masih dipelajari Hamas. Negeri Paman Sam mengedarkan rancangan resolusi satu halaman terhadap Dewan Ketenteraman PBB yang beranggotakan 15 negara pada Mulai Pekan juga versi revisi pada Rabu, keduanya sudah dilihat Reuters.

Draf pada waktu ini menyambut baik usulan gencatan senjata, menggambarkannya sebagai “dapat diterima” oleh Israel, “menyerukan organisasi Hamas untuk juga menerimanya, dan juga mendesak kedua belah pihak untuk sepenuhnya melaksanakan ketentuannya tanpa penundaan serta tanpa syarat.”

Draf yang disebutkan mencantumkan beberapa detail usulan tersebut, dengan “gencatan senjata penuh serta menyeluruh” pada Jalur Daerah Gaza sebagai bagian dari fase pertama lalu “atas persetujuan para pihak, penghentian permusuhan secara permanen” pada fase kedua.

“Namun, beberapa anggota majelis telah dilakukan mengajukan pertanyaan tentang apakah negeri Israel benar-benar sudah pernah menerima rencana yang disebutkan kemudian ingin Dewan Keselamatan PBB kekal pada tuntutan yang mana dibuat pada Maret untuk gencatan senjata segera lalu pembebasan tanpa kriteria semua sandera,” papar para diplomat.

Artikel ini disadur dari Rusia dan China Berselisih dengan AS soal Resolusi PBB tentang Gencatan Senjata Gaza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *