Internasional

3 Fakta D-Day, Invasi yang mana Mengubah Jalan Perang Planet II

33
×

3 Fakta D-Day, Invasi yang mana Mengubah Jalan Perang Planet II

Sebarkan artikel ini
3 Fakta D-Day, Invasi yang digunakan mana Mengubah Jalan Perang Planet II

PARIS – Invasi D-Day pada tanggal 6 Juni 1944 ke Prancis yang digunakan diduduki Nazi merupakan serangan yang mana belum pernah terbentuk sebelumnya pada skala juga keberanian, menggunakan armada kapal, pasukan, pesawat, kemudian kendaraan terbesar yang pernah ada untuk melubangi Defense Adolf Hitler di dalam Eropa Barat kemudian mengubah jalannya Perang Planet II.

Saat para veteran dan juga pejabat dunia berkumpul ke Normandia untuk memperingati 80 tahun pendaratan tersebut, dunia mengetahui operasi itu bermetamorfosis menjadi insiden penting dalam dunia.

3 Fakta D-Day, Invasi yang mana Mengubah Jalan Perang Global II

1. 160.000 Tentara Mendarat pada Normandia

3 Fakta D-Day, Invasi yang tersebut Mengubah Jalan Perang Planet II

Foto/AP

Melansir AP, hampir 160.000 tentara Sekutu mendarat di dalam Normandia pada tanggal 6 Juni 1944. Dari jumlah agregat tersebut, 73.000 berasal dari Amerika Serikat dan juga 83.000 dari Inggris juga Kanada. Regu dari beberapa negara lain juga terlibat, termasuk pasukan Prancis yang dimaksud bertempur dengan Jenderal Charles de Gaulle.

Sekutu menghadapi sekitar 50.000 pasukan Jerman.

Lebih dari 2 jt tentara Sekutu, pelaut, pilot, personel medis, kemudian khalayak lain dari berubah-ubah negara terlibat pada Operasi Overlord secara keseluruhan, pertempuran untuk merebut Prancis barat dari kendali Nazi yang digunakan dimulai pada D-Day.

2. 11.000 Pesawat Tempur Dilibatkan

3 Fakta D-Day, Invasi yang digunakan Mengubah Jalan Perang Bumi II

Foto/AP

Pendaratan di dalam laut dimulai pada pukul 6:30 pagi, tepat setelahnya fajar, berusaha mencapai lima pantai dengan nama kode: Utah, Omaha, Gold, Juno, Sword. Operasi yang dimaksud juga mencakup tindakan dalam darat, diantaranya pendaratan parasut semalaman pada posisi strategis Jerman lalu Penjaga Angkatan Darat Negeri Paman Sam memanjat tebing untuk menghancurkan sikap senjata Jerman.

Sekitar 11.000 pesawat Sekutu, 7.000 kapal dan juga perahu, juga ribuan kendaraan lainnya terlibat.

3. Ribuan Tentara Sekutu Tewas

3 Fakta D-Day, Invasi yang dimaksud Mengubah Jalan Perang Global II

Foto/AP

Sebanyak 4.414 tentara Sekutu tewas pada D-Day sendiri, diantaranya 2.501 penduduk Amerika. Lebih dari 5.000 warga terluka.

Dalam Pertempuran Normandia berikutnya, 73.000 tentara Sekutu tewas serta 153.000 lainnya luka-luka. Pertempuran yang disebutkan – kemudian khususnya pemboman Sekutu di desa-desa dan juga kota-kota Perancis – menewaskan sekitar 20.000 warga sipil Perancis.

Jumlah pasti penderita dalam Jerman bukan diketahui, namun sejarawan memperkirakan antara 4.000 kemudian 9.000 khalayak tewas, terluka atau hilang selama invasi D-Day saja. Sekitar 22.000 tentara Jerman satu di antaranya di dalam antara banyak tentara yang mana dimakamkan ke sekitar Normandia.

Tak pelak, jumlah total penyintas yang digunakan mengunjungi peringatan keras hari jadi besar ke Prancis terus berkurang. Korban termuda yang mana selamat sekarang ini berusia akhir 90an. Tidak jelas berapa berbagai veteran D-Day yang masih hidup. Departemen Urusan Veteran Negeri Paman Sam menyatakan merekan tiada melacak total mereka.

Artikel ini disadur dari 3 Fakta D-Day, Invasi yang Mengubah Jalan Perang Dunia II

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *