Internasional

3 Alasan Korea Utara Kirim Balon Sampah ke Korea Selatan, Salah Satunya Kebebasan Berekspresi

36
×

3 Alasan Korea Utara Kirim Balon Sampah ke Korea Selatan, Salah Satunya Kebebasan Berekspresi

Sebarkan artikel ini
3 Alasan Korea Utara Kirim Balon Sampah ke Korea Selatan, Salah Satunya Kebebasan Berekspresi

SEOUL – Korea Utara kembali mengejutkan perhatian planet belakangan ini. Terbaru, Pyongyang menerbangkan balon-balon berisi sampah dan juga kotoran menuju negara tetangganya, Korea Selatan.

Langkah ini mendapat perhatian juga disebut sebagai strategi baru Korea Utara di menghadapi tetangganya di selatan. Sejauh ini, tak terhitung berapa ton sampah yang digunakan sudah ada dikirim melalui balon-balon tersebut.

Lebih jauh, apa sebenarnya maksud juga tujuan Korea Utara mengirim balon sampah ke Korea Selatan? Berikut ini ulasannya.

Alasan Korea Utara Mengirim Balon Sampah ke Korea Selatan

1. Pembalasan untuk Aksi Propaganda Aktivis Korsel

Alasan utama Korea Utara menyerbu wilayah Korea Selatan dengan balon sampah adalah sebagai bentuk pembalasan. Langkah ini diwujudkan guna membalas kampanye propaganda aktivis Korsel.

Mengutip Reuters, sebelumnya para aktivis dari Korea Selatan dikatakan kerap mengirim balon berisi selebaran anti-Pyongyang ke wilayah Korea Utara. Tak hanya saja itu, merek juga biasa menyelipkan makanan, obat-obatan, uang hingga flashdisk berisi video musik dan juga drama Korea.

Menyikapi langkah para aktivis pada Korsel, pihak Korea Utara membalasnya. Namun, dia tiada mengakibatkan selebaran propaganda pada balon, melainkan menyematkan sampah seperti puntung rokok, kain, potongan kertas, juga plastik.

2. Kebebasan Berekspresi

Pihak Korea Utara juga mengumumkan aksinya menerbangkan balon sampah ke wilayah Korsel sebagai bentuk kebebasan berekspresi. Hal ini disampaikan adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong yang tersebut menjadi salah seseorang pejabat senior ke pemerintahan.

Menurutnya, kegiatan seperti menerbangkan balon sampah yang disebutkan adalah bentuk “kebebasan berekspresi.” Pada pernyataan yang mana diterbitkan oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Kim mengecam Seoul sebagai kota yang tersebut “memalukan” oleh sebab itu mengoreksi balon-balon yang disebutkan sambil membela kebebasan berekspresi warganya sendiri.

Lebih jauh, ia memaparkan bahwa balon-balon itu adalah “hadiah ketulusan” bagi warga Korea Selatan yang mana umumnya setiap saat menyerukan kebebasan berekspresi. Kim juga berjanji akan mengirim lebih besar berbagai balon lagi ke depannya.

3. Perang Psikologis

Menanggapi aksi pengiriman balon sampah ke Korea Selatan, beberapa pengamat mengatakan Korea Utara mungkin saja ingin “menguji” reaksi Seoul. Terlebih, balon yang dikirim berisi sampah lalu kotoran-kotoran lain.

Memasukkan sampah dan juga benda-benda kotor lain ke di balon seakan bermetamorfosis menjadi provokasi tak dengan segera dari Korea Utara terhadap Korea Selatan. Pyongyang penasaran akan reaksi Seoul sewaktu dihadapkan pada tindakan semacam ini yang dimaksud mengarah ke peperangan psikologis.

Itulah beberapa alasan Korea Utara kirim balon sampah ke wilayah Korea Selatan.

Artikel ini disadur dari 3 Alasan Korea Utara Kirim Balon Sampah ke Korea Selatan, Salah Satunya Kebebasan Berekspresi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *