Internasional

Perjalanan Karir Politik Claudia Sheinbaum, Perempuan Pertama yang mana Berhasil Jadi Presiden dalam Meksiko

29
×

Perjalanan Karir Politik Claudia Sheinbaum, Perempuan Pertama yang mana Berhasil Jadi Presiden dalam Meksiko

Sebarkan artikel ini
Perjalanan Karir Politik Claudia Sheinbaum, Perempuan Pertama yang dimaksud mana Berhasil Jadi Presiden di Meksiko

MEXICO CITY – Claudia Sheinbaum berhasil terpilih sebagai Presiden Meksiko dengan perolehan pernyataan sekitar 60%. Kemenangan gemilang itu membuatnya jadi wanita pertama juga penduduk Yahudi pertama yang mana terpilih sebagai presiden di negara Amerika Utara tersebut.

Wanita berusia 61 tahun itu menggantikan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yang digunakan menjabat sebagai Presiden pada tahun 2018 lalu.

Claudia Sheinbaum dikenal dengan julukan “la Doctora” sebab punya prestasi akademik yang dimaksud cemerlang, mengingat ia juga merupakan ahli fisika dengan peringkat doktor di bidang teknik energi.

Tidak hanya sekali punya gelar kejuaraan institusi belajar bergengsi, Presiden baru Meksiko ini juga punya riwayat karier yang tersebut mentereng. Misalnya sekadar seperti pernah berubah jadi Wali Perkotaan dan juga Kepala Pemerintahan Mexico City.

Perjalanan Karir Politik Claudia Sheinbaum

1. Karier Politik Awal

Selama berubah menjadi siswa di dalam Universitas Otonomi Nasional Meksiko, Sheinbaum adalah anggota Consejo Estudiantil Universitario (Dewan Mahasiswa Universitas ), sekelompok peserta didik yang kemudian berubah jadi pendiri pergerakan pemuda Partai Revolusi Demokrat (PRD).

Pada tahun 2000, dirinya sempat menjabat sebagai Sekretaris Lingkungan Hidup Perkotaan Meksiko, lalu diangkat berubah menjadi kabinet Kepala Pemerintahan Daerah Perkotaan Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador.

Kemudian dalam tahun 2014, ia bergabung dengan pergerakan sempalan Lopez Obrador, yang dimaksud memisahkan diri dari partai sayap kiri arus utama, Partai Revolusi Demokrat. Lalu menjabat sebagai Sekretaris Lingkungan Hidup pada tahun 2015.

2. Menjadi Wali Daerah Perkotaan Tlalpan

Pada akhir tahun 2015, Claudia Sheinbaum terpilih sebagai Wali Pusat Kota Tlalpan yang mana merupakan wilayah dalam Mexico City. Namun jabatannya ini cuma diemban olehnya hingga tahun 2017.

Sebab di tahun 2017, ia menerima nominasi pencalonan wali kota Mexico City. Tepatnya pada bulan Agustus, ia berpartisipasi di jajak pendapat yang digunakan dilaksanakan Aksi Regenerasi Nasional untuk menentukan calon Kepala Pemerintahan Mexico City dari partai tersebut.

Artikel ini disadur dari Perjalanan Karir Politik Claudia Sheinbaum, Perempuan Pertama yang Sukses Jadi Presiden di Meksiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *