Internasional

Sheinbaum Jadi Presiden Meksiko, 4 Negara Hal ini Juga Sedang Dipimpin Orang Yahudi

30
×

Sheinbaum Jadi Presiden Meksiko, 4 Negara Hal ini Juga Sedang Dipimpin Orang Yahudi

Sebarkan artikel ini
Sheinbaum Jadi Presiden Meksiko, 4 Negara Hal ini Juga Sedang Dipimpin Orang Yahudi

KIEV – Claudia Sheinbaum terpilih pekan ini sebagai wanita pertama Meksiko kemudian presiden Yahudi pertama pada negara itu.

Dia pun bergabung dengan daftar pendek cuma empat khalayak Yahudi lainnya ke luar negeri Israel yang mana pada waktu ini menjabat sebagai presiden atau perdana menteri suatu negara.

Sejarah sebelumnya menyediakan daftar yang mana terpencil tambahan panjang. Benjamin Disraeli, yang dimaksud lahir sebagai seseorang Yahudi tetapi berubah jadi penganut Anglikan ketika remaja, menjabat dua kali sebagai perdana menteri Inggris.

Leon Blum adalah perdana menteri Prancis sebelum juga sesudah Perang Global II. Namun, puluhan pendatang Yahudi yang mana kurang dikenal sudah pernah mengatur negara mereka, di antaranya Ricardo Maduro di Honduras dari tahun 2002 hingga 2006, Leon Kengo wa Dondo di tempat yang mana sekarang berubah jadi Republik Demokratik Kongo pada tahun 1980-an dan juga awal 1990-an, serta Sophie Wilmes, perdana menteri Belgia dari tahun 2019 hingga 2020.

Sheinbaum, yang dimaksud menang telak lalu akan dilantik pada bulan Oktober, telah dilakukan meminimalkan latar belakang Yahudinya ke jalur kampanye. Meski demikian, ia juga mendapat tuduhan sebagai sosok yang digunakan bukanlah sepenuhnya pendatang Meksiko.

Berikut adalah empat warga Yahudi yang digunakan mengawasi negaranya, tak satu di antaranya Utama Menteri tanah Israel Benjamin Netanyahu kemudian Presiden Isaac Herzog dari Israel.

1. Volodymyr Zelensky, Presiden Ukraina

Zelensky, yang dimaksud terpilih pada tahun 2019, sudah menggambarkan berkembang pada “keluarga Yahudi Soviet biasa.”

Meskipun ia tidak ada banyak menyinggung tentang ke-Yahudi-annya selama kampanye. Hal itu menimbulkan berbagai khalayak Yahudi negeri Ukraina gelisah, yang tersebut mengingat pogrom anti-Yahudi kemudian gelisah merekan akan disalahkan melawan segala kekurangan pemerintah yang digunakan ditudingkan atau benar-benar terjadi.

Sheinbaum Jadi Presiden Meksiko, 4 Negara Hal ini Juga Sedang Dipimpin Orang Yahudi

Setelah Rusia menyerang negara Ukraina pada tahun 2022, Zelensky mulai berbicara lebih besar terbuka tentang warisan Yahudinya lalu dengan segera mengaku terhadap orang-orang Yahudi dalam tanah Israel kemudian diaspora.

Artikel ini disadur dari Sheinbaum Jadi Presiden Meksiko, 4 Negara Ini Juga Sedang Dipimpin Orang Yahudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *