Lifestyle

LIP: Hari Kebaya Nasional turnamen tunjukan keunikan area Indonesi

32
×

LIP: Hari Kebaya Nasional turnamen tunjukan keunikan area Indonesi

Sebarkan artikel ini
LIP: Hari Kebaya Nasional kompetisi tunjukan keunikan area Indonesi

Ibukota Indonesia – Organisasi non-profit Lingkar Internasional Rencana atau Ladies International Proyek (LIP) menyatakan bahwa Hari Kebaya Nasional tahun 2024 merupakan kompetisi untuk menunjukkan keunikan kebaya dari setiap tempat ke Indonesia.

Kebaya merupakan pakaian perempuan Indonesia, yang tersebut mana setiap tempat memiliki jenis kebaya dengan keunikannya masing-masing,” kata Ketua LIP Yulie Nasution di pernyataan resmi pada Jakarta, Jumat.

Yulie menuturkan Hari Kebaya Nasional yang mana rencananya akan segera dijalankan di dalam Istora Senayan, Ibukota Indonesia pada tanggal 24 Juli itu harus disertai oleh semua perempuan dikarenakan kebaya menunjukkan keanggunan sekaligus kebanggaan sebagai perempuan dalam Indonesia.

Ia juga memberikan penuh pada Kongres Wanita Nusantara (KOWANI) sebagai pihak penyelenggara, lalu berharap sekitar tujuh ribu perempuan yang tersebut nantinya akan datang hadir di acara yang dimaksud dapat menyemarakkan acara sekaligus menampilkan keindahan kebaya.

Ketua Umum KOWANI Giwo Rubianto Wiyogo memaparkan penetapan kebaya sebagai busana nasional, tak belaka berkaitan dengan pelestarian budaya tapi upaya menggerakkan perekonomian bangsa.

"Bagi manusia perempuan, kebaya tak hanya sekali untuk mengartikulasikan dirinya melalui pakaian, namun miliki pemahaman yang digunakan luas mulai dari identitas hingga wujud cinta bangsa, " kata dia.

Penetapan Hari Kebaya Nasional merujuk pada tanggal diselenggarakannnya Kongres Wanita Nusantara X yang tersebut pada waktu itu dihadiri presiden pertama RI Ir. Soekarno.

Sejumlah kegiatan di rangkaian peringatan keras Hari Kebaya Nasional diantaranya pada 10 Mei 2024, webinar "Aku kemudian Kebaya." Kemudian talkshow serta parade kebaya juga sudah ada diselenggarakan pada 28 Mei 2024.

Selanjutnya pada 10 Juli 2024, pihaknya akan mengundang salah satu narasumber dari Global Peace Awareness sebagai pembicara yang tersebut akan memaparkan bagaimana kebaya bisa jadi jadi salah satu simbol kolaborasi kemudian alat perdamaian bagi seluruh perempuan ke dunia.

Pada puncak perayaan Hari Kebaya Nasional akan ada pameran budaya hasil kreasi para perempuan, KOWANI Expo yang dimaksud memamerkan ragam karya UMKM yang digunakan telah terjadi dikurasi secara cermat.

Artikel ini disadur dari LIP: Hari Kebaya Nasional ajang tunjukan keunikan daerah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *