Berita

Tok! Argentina Resmi Masuk ke Jurang Resesi

24
×

Tok! Argentina Resmi Masuk ke Jurang Resesi

Sebarkan artikel ini
Tok! Argentina Resmi Masuk ke Jurang Resesi

Jakarta – Argentina resmi masuk terjun ke jurang resesi. Mengutip Trading Economics, negara itu mencatatkan data kontraksi atau dunia usaha negatif 5,1% ke kuartal pertama (Q1) 2024.

Perlu diketahui resesi adalah turunnya perekonomian dua kuartal berturut-turut atau lebih banyak di satu tahun atau lebih. Sebelumnya Pendapatan Domestik Bruto Argentina di dalam kuartal terakhir 2023 (Q4) konstraksi 2,6% dan juga ini menyebabkan negeri itu sah memasuki resesi teknis.

Hal ini diyakini sebagai dampak penghematan yang dimaksud direalisasikan pemerintah Presiden Javier Milei, yang dimaksud mulai menjabat pada bulan Desember. Ia menghentikan semua proyek pekerjaan umum baru sebagai bagian dari upayanya untuk memangkas pengeluaran.

Sektor proyek konstruksi turun 19% sementara lapangan usaha manufaktur turun sebesar 13,7%. Konsumsi swasta turun 6,7% sementara konsumsi umum turun 5%.

Impor juga merosot sebesar 20,1%. Bagian yang berkembang semata-mata ekspor 26,1%.

Milei sendiri memang sebenarnya telah lama mendeklarasikan dirinya sebagai “anarko-kapitalis” pada waktu pertama menjabat. Ia berjanji mengambil tindakan terhadap pengeluaran berlebihan selama beberapa dekade kemudian mengendalikan naiknya harga yang mana sempat mencapai tiga digit.

Mei lalu, kenaikan harga memang benar mencapai 4,2%, titik terendah di dua setengah tahun. Namun kemerosotan kegiatan ekonomi besar-besaran terjadi.

Di awal pemerintahan, mengutip AFP, Milei memotong setengah kabinet. Ia juga memangkas 50.000 pekerjaan publik, menghapuskan subsidi material bakar (BBM) lalu transportasi, juga mendevaluasi peso secara tajam.

Badan statistik Argentina, INDEC, mengungkapkan bahwa 7,7% penduduk pekerja merupakan pengangguran, naik 0,8 poin persentase dibandingkan periode yang digunakan sejenis tahun lalu. Diyakini 300.000 pemukim baru menganggur sejak kuartal sebelumnya.

Sementara Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan perekonomian Argentina akan mengalami kontraksi sebesar 2,8% tahun ini. Hal ini pasca penurunan sebesar 1,6% pada tahun 2023.

Artikel Selanjutnya Video: Tolak RUU Omnibus Argentina! Ribuan Warga Terlibat Kerusuhan

Artikel ini disadur dari Tok! Argentina Resmi Masuk ke Jurang Resesi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *