Ekonomi Bisnis

Haji Isam Borong 2.000 Ekskavator, Ini adalah Profil Pengusaha Asal Kalimantan Bernama Andi Syamsuddin Arsyad

24
×

Haji Isam Borong 2.000 Ekskavator, Ini adalah Profil Pengusaha Asal Kalimantan Bernama Andi Syamsuddin Arsyad

Sebarkan artikel ini

Jakarta Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam melalui perusahaan miliknya yakni Jhonlin Group, memesan 2.000 unit ekskavator dari Sany Group, produsen alat berat China. Hal ini menyebabkan Jhonlin Group mencetak rekor sebagai pemesan eskavator terbesar pada dunia.

“Pada 26 Juni lalu, Sany melakukan penandatanganan pesanan 2.000 eskavator dengan Jhonlin Group, ini merupakan pesanan internasional terbesar di dalam Global untuk ekskavator, ” demikian siaran pers resmi Sany Group pada Jumat, 28 Juni 2024.

Pembelian yang disebutkan dijalankan dengan segera oleh Haji Isam dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pada Shanghai China pada Rabu 26 Juni 2024.

“Pemesanan ini menjadi yang digunakan terbesar ke bumi untuk sebuah pemesanan ekskavator. Ribuan ekskavator itu akan digunakan untuk mengembangkan proyek pertanian guna menggalang pengembangan pertanian Indonesia,” ujar Haji Isam pada keterangannya, Hari Jumat 28 Juni 2024.

Dikutip dari laman resmi SANY Group, disebutkan nilai pemesanan 2.000 unit eskavator SANY SY215C-9 berbobot 21,5 ton ini diperkirakan mencapai Simbol Rupiah 4 triliun, dengan kisaran harga jual Simbol Rupiah 1,7-2,3 miliar per unitnya. Ribuan ekskavator itu nantinya akan digunakan di proyek-proyek pertanian ke Indonesia.

Siapa Haji Isam?

Haji Isam merupakan manusia pelaku bisnis batu bara yang tersebut sangat terkenal dari Kalimantan Selatan. Dia dikenal dekat dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Haji Isam bahkan pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin.

Lahir pada 1 Januari 1977 pada Bone, Sulawesi Selatan dari keluarga sederhana, Haji Isam memulai perjalanannya dari titik nol. Kehidupan awalnya diwarnai dengan pekerjaan sebagai tukang ojek lalu sopir pengangkut kayu, di mana ia bekerja keras untuk memenuhi permintaan sehari-hari.

Dia mendapat jalan ke bumi pertambangan lewat manusia entrepreneur Tionghoa-Surabaya. Dari situ, Haji Isam perlahan-lahan memulai pembangunan kariernya lalu berhasil mencapai kesuksesan besar pada bidang pertambangan lalu perdagangan. Usaha kerasnya membuahkan hasil saat ia mendirikan PT Jhonlin Baratama pada 2003.

Kedekatan antara Jokowi kemudian Haji Isam itu juga tercermin ketika Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel JAAR beberapa waktu lalu. Jokowi yakin peluang dari pabrik biodiesel ini akan membuka lapangan pekerjaan yang digunakan banyak, khususnya pasca mulai beroperasi pada Oktober 2021.

Perusahaan ini mengalami perkembangan pesat kemudian berubah jadi salah satu perusahaan batu bara terbesar pada Indonesia, menempatkan Haji Isam di antara para pengusaha perusahaan paling berpengaruh ke sektor ini. Perusahaannya yang dimaksud sekarang ini sudah pernah mempunyai beberapa anak perusahaan seperti PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, PT Jhonlin Air Transport, PT Jhonlin Agromandiri, PT Jhonlin Batu Mandiri, hingga Jhonlin Agro Raya.

HATTA MUARABAGJA I  ANANDA RIDHO SULISTYA  

Artikel ini disadur dari Haji Isam Borong 2.000 Ekskavator, Ini Profil Pengusaha Asal Kalimantan Bernama Andi Syamsuddin Arsyad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *