Ekonomi Bisnis

KUR BRI Melaju Kencang Sejak Awal 2024, Simak Cara & Syarat Pengajuan Online / Biasa

26
×

KUR BRI Melaju Kencang Sejak Awal 2024, Simak Cara & Syarat Pengajuan Online / Biasa

Sebarkan artikel ini
KUR BRI Melaju Kencang Sejak Awal 2024, Simak Cara & Syarat Pengajuan Online / Biasa

Minat warga mendapatkan kredit bisnis rakyat (KUR) mulai bergairah pada awal tahun 2024 ini. Salah satunya terlihat dari realisasi penyaluran KUR dalam PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang dimaksud selama ini menjadi penyalur pinjaman terbesar dibandingkan bank lain. Jika Anda ingin mengikuti jejak serupa, simak persyaratan juga cara pengajuan KUR BRI secara online maupun konvensional.

BRI mendapatkan kuota penyaluran KUR terbesar pada tahun 2024 yakni sebesar Simbol Rupiah 165 triliun. Dari jumlah keseluruhan itu, BRI menyalurkan KUR senilai Rupiah 59,96 triliun terhadap 1,2 jt debitur sejak Januari hingga April 2024.

Dengan demikian, pencapaian penyaluran KUR BRI setara dengan 36% dari target tahun 2024 ini. Direktur Bisnis Mikro Supari mengungkapkan mayoritas KUR BRI disalurkan terhadap sektor produksi, dengan proporsi mencapai 55,95%. 

Secara umum, Supari menjelaskan strategi usaha mikro BRI pada tahun 2024 akan fokus pada pemberdayaan berada di dalam depan pembiayaan.  “BRI sebagai bank yang digunakan fokus untuk UMKM telah dilakukan memiliki kerangka pemberdayaan yang tersebut dimulai dari fase dasar, integrasi, hingga interkoneksi,” ujar Supari, Selasa (28/5)

Supari bilang BRI optimistis dapat memenuhi penyaluran KUR untuk tahun ini senilai Simbol Rupiah 165 triliun pada bulan September 2024. hal yang disebutkan dapat tercapai dengan adanya percepatan graduasi atau upaya untuk menyebabkan klien eksisting naik kelas. 

Di sisi lain, penyaluran KUR juga didorong dengan perluasan jangkauan penerima baru. “Untuk tahun ini kami akan salurkan KUR terhadap lebih besar dari 3,7 jt pelanggan dari pipeline sebanyak 7 juta. Kami juga telah siapkan nasabah-nasabah lama kami kurang tambahan 2 jt kita akan naikkelaskan,” tambah Supari.

Ia mengemukakan BRI sama-sama pemerintah mempunyai komitmen untuk mengupayakan para pengguna KUR naik kelas. 

Atas dasar tersebut, lanjut Supari, pemerintah memberlakukan aturan masa maksimal penerimaan KUR hingga penyesuaian bunga KUR.

“Dilakukan penyesuaian sehingga penduduk jangan senyaman KUR terus, tapi naik kelas. Siklusnya bukan boleh terus-terusan kemudian bunganya juga semakin naik mendekati komersial. Setelah itu didorong untuk percepatan graduasi,” tandas Supari.

Syarat KUR BRI

BRI mempunyai berubah-ubah jenis KUR pada tahun 2024 ini, yaitu KUR Mikro, KUR Kecil, kemudian KUR TKI. Penyaluran KUR tertuju untuk pelanggan yang selama ini belum pernah mendapatkan pinjaman dari bank. 

Ketiga KUR yang dimaksud sama-sama menetapkan bunga sebsar 6% per tahun. Namun setiap KUR miliki batas plafon pinjaman yang tersebut berbeda-beda.

KUR Mikro, setiap debitur bisa jadi mengajukan pinjaman maksimal Rupiah 50 juta. Sedangkan KUR Kecil bisa jadi mendapat pinjaman mulai dari Simbol Rupiah 50 jt sampai dengan Simbol Rupiah 500 juta. 

Khusus KUR TKI, BRI akan memberikan biaya untuk keberangkatan calon tenaga kerja Indonesi (TKI) ke negara penempatan dengan plafon Simbol Rupiah 25 juta. Wilayah penempatan TKI antara lain Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, kemudian Malaysia.

Cara pengajuan KUR BRI

Tidak sulit untuk mengajukan KUR BRI. Nasabah bisa jadi mengajukan KUR BRI dengan dua cara, yakni datang segera ke kantor bank atau secara online. 

“Ke bank bawa KTP, NIB (nomor induk berusaha), juga pernyataan bahwa perniagaan yang mana dijalankan telah lama berlangsung kurang lebih tinggi 6 bulan,” ungkap Arini Handayani, Kepala Unit BRI Meruya Ilir, 18 Maret 2024.

Jika ingin mengajukan KUR BRI secara online, ikuti cara berikut:

  • Akses laman kur.bri.co.id untuk mengajukan pinjaman KUR BRI online.
  • Pilih “Ajukan Pinjaman”.
  • Login menggunakan alamat email juga masukkan kata sandi jikalau sudah ada memiliki akun.
  • Jika Anda bukan mempunyai akun ke halaman tersebut, pilih “Daftar” Bisa juga dengan mendaftar melalui akun Google.
  • Tunggu verifikasi yang digunakan dikirim pihak BRI melalui e-mail yang mana telah terjadi didaftarkan.
  • Setelah akun sudah ada jadi, masuk (login) kembali di dalam laman https://kur.bri.co.id/ menggunakan email serta password.
  • Klik “Ajukan Pinjam pakai KUR”. Baca dengan teliti halaman persyaratan dan juga ketentuan, kemudian klik “Saya adalah pengguna BRI” juga “Setuju serta Ajukan Pinjaman”.
  • Klik “I’m not a Robot”, Isi informasi data diri secara lengkap (nama lengkap, NIK, alamat, nama ibu kandung, serta lainnya).
  • Isi data usaha dengan lengkap (jenis usaha, penghasilan, biaya usaha, nomor account BRI, juga lainnya).
  • Unggah beberapa dokumen seperti KTP, surat keterang usaha, pas foto, juga foto usaha.
  • Klik “Selanjutnya” untuk masuk ke halaman pengajuan pinjaman. Isi data pengajuan (nominal pengajuan serta tenor).
  • Klik “Hitung angsuran” untuk mengawasi jumlah keseluruhan angsuran yang tersebut akan dibayar.
  • Klik “Ajukan pinjaman”. Setelah itu akan muncul halaman pengajuan informasi mengenai pinjaman disetujui atau tidak.

Setelah pengajuan ini, klien akan menjalani survei secara fisik. Kemudian, pelanggan masih harus datang ke kantor BRI terdekat untuk serangkaian selanjutnya, salah satunya untuk tanda tangan dokumen.

Jadi, apakah Anda siap mengajukan KUR BRI 2024?



Artikel ini disadur dari KUR BRI Melaju Kencang Sejak Awal 2024, Simak Cara & Syarat Pengajuan Online / Biasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *