Ekonomi Bisnis

BCA Raih Penghargaan Asia’s Best CSR

58
×

BCA Raih Penghargaan Asia’s Best CSR

Sebarkan artikel ini

INFO BISNIS – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil meraih penghargaan sebagai Asia’s Best CSR pada kegiatan 14th Asian Excellence Award 2024. Capaian ini tidak ada terlepas dari upaya BCA yang senantiasa menghadirkan beragam acara inklusif bernama Bakti BCA.

Ajang 14th Asian Excellence Award 2024 merupakan kegiatan rutin yang digunakan diselenggarakan oleh Corporate Governance Asia, sebuah majalah yang diterbitkan oleh New Initiative Industri Media Ltd. Majalah ini terbit setiap tiga bulan sekali lalu bergerak mengangkat isu mengenai lingkungan, sosial, tata kelola perusahaan, dan juga isu keberlanjutan.

Corporate Governance Asia miliki pembaca dari kalangan eksekutif pada perusahaan-perusahaan terkemuka di kawasan Asia. Inisiatif Bakti BCA berazam untuk menciptakan dampak positif dari mulai skala individu, masyarakat, dan juga ekosistem. 

BCA percaya bahwa individu yang dimaksud berdaya dapat memberdayakan komunitasnya, kemudian komunitas yang berdaya dapat berkontribusi positif pada kelestarian ekosistem, sehingga tercipta sebuah siklus yang mana saling berpengaruh. Berdasarkan semangat tersebut, kegiatan Bakti BCA mencakup beberapa aspek, yakni kebugaran (Bakti Kesehatan), sekolah (Bakti Pendidikan), budaya (Bakti Budaya), pemberdayaan rakyat (Bakti UMKM & Desa Bakti BCA), dan juga lingkungan (Bakti Lingkungan).

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, untuk menciptakan generasi masa depan Tanah Air yang dimaksud berkualitas, diperlukan kolaborasi dari beragam pihak, termasuk dari sektor planet usaha. Karena itu, pihaknya berikrar untuk terus menjadi mitra pemerintah di mewujudkan penyelenggaraan berkelanjutan.

“Melalui acara Bakti BCA, kami secara konsistensi berinovasi untuk menciptakan solusi yang mana efektif serta relevan guna menjawab tantangan yang tersebut dihadapi komunitas dan juga lingkungan,” ujarnya.

Dalam rangka menguatkan jejak bakti perusahaan untuk memulai pembangunan Tanah Air yang digunakan lebih banyak baik, perseroan meluncurkan kampanye #BuktiBaktiBCA pada April 2024 lalu. Kampanye ini mengomunikasikan bermacam acara pengembangan berkelanjutan dari Bakti BCA, sekaligus mengundang seluruh pihak untuk turut berkontribusi positif bagi konstruksi berkelanjutan di Indonesia. 

Berikut #BuktiBaktiBCA dalam sepanjang enam bulan pertama tahun 2024:

Bakti Pendidikan 
Sepanjang semester I 2024, BCA telah dilakukan melaksanakan edukasi literasi keuangan dari barat hingga timur Indonesia, yang mana dihadiri oleh tambahan dari 20.000 peserta. BCA juga memberikan Beasiswa Bakti BCA 2024 bagi 700 siswa dari 20 perguruan tinggi dalam Indonesia.

Untuk meningkatkan lembaga pendidikan tingkat sekolah, BCA menambah 4 sekolah binaan baru yang digunakan tersebar pada Ibu Daerah Perkotaan Nusantara (IKN), Bengkulu, Soe (Nusa Tenggara Timur), serta Sorong (Papua Barat). Merayakan Hari Pendidikan Nasional, Bakti BCA mengadakan kegiatan BCA Berbagi Keilmuan yang diinisiasi oleh rangkaian kuliah umum untuk lebih banyak dari 3.300 siswa di lima perguruan tinggi, lalu disampaikan secara langsung oleh direksi BCA.

Program ini juga menyelenggarakan student banking tour ke beberapa orang kantor cabang BCA, yang tersebut dihadiri oleh tambahan dari 500 kontestan ke 5 kota. Proyek BCA Berbagi Keilmuan dilengkapi dengan kegiatan kelas merias bagi Sahabat Disabilitas (Teman Tuli), bertajuk “The Beauty of Disabilities: Makeup Class with BCA”. 

Bakti Kesehatan 
Sepanjang semester I 2024, BCA telah dilakukan melaksanakan bermacam kegiatan seperti, kegiatan Donor Darah, yang berhasil mengoleksi tambahan dari 1.200 kantong darah; kegiatan Operasi Katarak gratis untuk hampir 200 pasien dan juga dilaksanakan pada tiga lokasi, yaitu RSUD dr. Salim Alkatiri Namrole, Buru Selatan, RSUD Pasangkayu, Sulawesi Barat, serta RSUD Bengkulu Tengah; dan juga bantuan biaya penyembuhan bagi lebih tinggi dari 6.800 pemukim di Klinik Binaan Bakti BCA-Donasi senilai US$509,811 (sekitar Rp8 miliar) untuk kegiatan di Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Tanah Air (PASTI)

Bakti Budaya 
Dalam upaya melestarikan wastra nusantara lalu lingkungan, sejak 2022 BCA bersatu Perkumpulan Warna Alam Indonesi (WARLAMI) melaksanakan pembinaan pewarnaan alam untuk kelompok penenun serta pegiat wastra di Timor Tengah Selatan, Baduy, kemudian Sumba Timur. Dengan pembinaan ini, diharapkan komunitas yang dimaksud dapat memunculkan karya wastra ramah lingkungan dan juga bernilai jual tinggi. Pada semester I 2024, BCA sudah pernah melaksanakan pembinaan pewarnaan alam wastra dengan total kontestan sebanyak-banyaknya 65 orang. 

Bakti UMKM & Desa Bakti BCA 
Sepanjang semester I 2024, Bakti BCA berfokus untuk memperluas akses bursa serta penawaran untuk sebagian UMKM & Desa Bakti BCA. Upaya ini direalisasikan melalui bermacam macam strategi, mulai dari kemudahan pemesanan tiket paket wisata Desa Bakti BCA melalui BCA mobile, kolaborasi pemasaran dengan sebagian Online Travel Agent (OTA), pemasaran produk-produk UMKM & Desa Bakti BCA melalui kegiatan internasional seperti Bali & Beyond Travel Fair juga The Amsterdam Coffee Festival, hingga partisipasi pada event BCA Expoversary 2024.

Seluruh upaya ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari pelaku bidang usaha dalam UMKM kemudian Desa Bakti BCA. Sepanjang semester I 2024, seluruh Desa Bakti BCA berhasil mendapatkan pendapatan lebih lanjut dari Rp5 miliar.
Di luar pengembangan desa binaan, Bakti BCA juga menyelenggarakan Workshop Sertifikasi Halal gratis pada penjuru Indonesia. Hingga akhir Juni 2024, workshop yang dimaksud telah lama terlaksana pada beberapa kota, yaitu Jabodetabek, Garut, Tegal, Bali, Makassar, dan juga Samarinda. Total kontestan workshop tercatat banyaknya 659 pelaku usaha. Nantinya, Bakti BCA akan memfasilitasi para kontestan untuk sanggup memperoleh sertifikat halal secara gratis.

Bakti BCA menggalang revitalisasi Kebun Kopi Cikoneng di Desa Tugu Utara, Bogor. Selain memberikan bantuan alat juga keperluan untuk bertani di dalam kebun seluas 10 hektare (ha), Bakti BCA juga memperkuat penyelenggaraan acara Sekolah Lapang. Berkolaborasi dengan Yayasan Kopi Nasional (YKN) dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura & Perkebunan (Distanhorbun) Daerah Bogor, inisiatif Sekolah Lapang akan memberikan penyuluhan dan juga pembinaan untuk petani selama satu tahun.

Bakti Lingkungan 
Bakti BCA turut juga di mengupayakan pemerintah di konservasi orangutan melalui perbaikan 4 pulau buatan yang digunakan terdiri dari dua pulau pra-pelepasliaran dan juga dua pulau proteksi (sanctuary), dan juga turut merehabilitasi 5 khalayak utan. Selain itu, BCA juga turut di konservasi penyu melalui kerja serupa dengan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) di penelitian Inkubator Buatan (Intan) skala Ruang yaitu media penetasan telur penyu tanpa pasir yang digunakan mampu menampung 15.000 telur penyu.

BCA juga konsentris melakukan pemadaman ke 946 kantor cabang selama satu jam, pada rangka partisipasi pada kegiatan global Earth Hour 2024. Bakti BCA juga menyediakan Mesin Daur Ulang Botol Plastik Bakti BCA pada beberapa titik, dari mulai Institut Teknologi Bandung, beberapa jumlah Desa Bakti BCA, juga di sepanjang pelaksanaan BCA Expoversary 2024. Secara total, Mesin Daur Ulang Botol Plasti Bakti BCA telah terjadi mengakumulasi tambahan dari 16.000 botol plastik dalam sepanjang semester I 2024. (*)

Artikel ini disadur dari BCA Raih Penghargaan Asia’s Best CSR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *