Ekonomi Bisnis

Dorong Perekonomian Sirkular ke Indonesia, Menko Airlangga: Hari Ini adalah Ada 152 Organisasi Punya Sertifikat Hijau

16
×

Dorong Perekonomian Sirkular ke Indonesia, Menko Airlangga: Hari Ini adalah Ada 152 Organisasi Punya Sertifikat Hijau

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Menteri Koordinator Area Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyatakan kegiatan ekonomi hijau juga sirkular berubah menjadi visi bangsa ini pada menyongsong Indonesi Emas pada 2045. Airlangga mengumumkan pada waktu ini sudah ada 152 perusahaan yang digunakan miliki sertifikat hijau. 

“Hari ini ada 152 perusahaan punya sertifikat hijau. Tentunya ke depan kita berharap akan semakin bertambah,” kata Airlangga ketika berpidato di Green Economy Expo pada Rabu, 3 Juli 2024.

Ketua Umum Partai Golkar itu menyatakan faedah dunia usaha hijau sanggup menghemat energi sebesar Rupiah 3,2 triliun per tahun serta menghemat air 169 miliar per tahun. 

Tak cuma itu, Airlangga mengumumkan penerapan perekonomian hijau ini dapat menstabilkan perkembangan sektor ekonomi Indonesi rata-rata pada melawan 6 persen hingga 2045, menurunkan emisi sebesar 86 jt ton CO2-ekuivalen. “Dan menciptakan hingga 4,4 jt lapangan kerja,” kata Airlangga. 

Selain itu, Airlangga mengatakan perekonomian hijau juga tak sekadar penting untuk target perkembangan ekonomi, tapi upaya strategis Nusantara untuk pergi dari dari middle income trap atau berpendapatan menengah. Oleh akibat itu, beliau berharap Indonesia akan bisa jadi berpendapatan lebih tinggi serta setara dengan negara forward lainnya.  

“Sangat tepat bahwa kegiatan ekonomi hijau ini penting agar kita setara negara maju,” kata dia. 

Oleh dikarenakan itu, Airlangga mengapresiasi kegiatan Green Economy Expo 2024 yang tersebut dijalankan Kementerian Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  (PPN/Bappenas) ini. Dia mengatakan forum ini berubah jadi tempat pertarungan para pucuk pimpinan perusahaan juga pejabat umum untuk mewujudkan dunia usaha Negara Indonesia yang digunakan inklusif sekaligus berkelanjutan. 

“Target pertumbuhan perekonomian 6 sampai 7 persen untuk menuju Indonesia emas 2045,” kata Airlangga.

Selanjutnya: Kementerian PPN/Bappenas mengatur Green Economy Expo pada 3-5 Juni 2024….

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Artikel ini disadur dari Dorong Ekonomi Sirkular di Indonesia, Menko Airlangga: Hari Ini Ada 152 Perusahaan Punya Sertifikat Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *