Ekonomi Bisnis

Jokowi Bakal Upacara HUT Kemerdekaan RI dalam IKN, Satgas Klaim Tiga Ruas Tol Siap Difungsionalkan

14
×

Jokowi Bakal Upacara HUT Kemerdekaan RI dalam IKN, Satgas Klaim Tiga Ruas Tol Siap Difungsionalkan

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Ibu Daerah Perkotaan Negara (IKN) Nusantara terus mengebut konstruksi infrastruktur dasar di IKN, Kalimantan Timur. Terlebih, Presiden Jokowi akan segera mengatur upacara HUT Kemerdekaan RI dalam ibu kota baru yang dimaksud  pada 17 Agustus mendatang.

Salah satu infrastruktur dasar yang dimaksud ditargetkan sanggup digunakan ketika penyelenggaraan HUT Kemerdekaan RI adalah jalan tol.  Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga mengatakan Satgas ketika ini fokus pada pembangunan Tol IKN ruas 3A, 3B, juga 5A. Jalan bebas hambatan ini akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Danis mengklaim pembangunan ketiga ruas tol yang dimaksud berjalan bagus. “Sudah diaspal,” kata Danis sewaktu ditemui ke Kompleks Kementerian Pekerjaan Umum lalu Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat, 5 Juli 2024. Kementeriannya berusaha mencapai “Target kami, pokoknya akan (difungsionalkan) satu jalur, satu arah, tiga lajur. Itu sudah ada 90 persen.”

Menteri Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebelumnya mengatakan, Tol IKN akan terhubung dengan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di dalam KM 8 – Kariangau. Dengan begitu, akses jalan nantinya tiada perlu lagi menyeberangi Tol Balsam hingga KM 33, kemudian menuju Sepaku kemudian masuk ke IKN yang membutuhkan waktu kurang lebih tinggi 2 jam. 

Basuki Hadimuljono juga mengutarakan penyelenggaraan Tol IKN  yang sedang berjalan ketika ini terdiri dari tiga seksi, yakni Tol 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km. Kemudian, Tol 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km serta Tol 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

Dengan adanya akses Tol IKN, Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyatakan waktu tempuh perjalanan dari Perkotaan Balikapapan menuju IKN bisa jadi semakin dipersingkat. Menurut Jokowi, perjalanan yang tersebut biasa ditempuh selama 2 jam bisa saja bermetamorfosis menjadi sekitar setengah jam saja. Jokowi pun menafsirkan perjalanan dari Ibukota Indonesia menuju ibu kota baru pada Kalimantan Timur itu tidaklah akan lagi terasa jauh. 

“Sekarang dari Jakarta, kelihatan jarak jauh sekali. Tapi bapak/ibu ke di sini lagi awal Agustus, begitu jalan tol jadi, dari Balikpapan ke IKN kira-kira kalau ngebut 30 menit. Kalau nggak ngebut, 40 menit,” kata Jokowi pada waktu meresmikan konstruksi Nusantara Sustainability Hub, Rabu, 5 Juni 2024, dipantau Tempo melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Bahkan bila ingin menempuh perjalanan udara, Jokowi menambahkam, waktu tempuh bisa saja semakin singkat sebab dapat turun di Nusantara Airport atau Bandara VVIP IKN. Kepala negara mengutarakan bandara itu juga mampu digunakan awal Agustus atau sebelum upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia.  “Mendarat pada  Nusantara Airport, ke di lokasi ini kurang lebih tinggi 15 menit,” tutur Jokowi.   

 

 

Artikel ini disadur dari Jokowi Bakal Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN, Satgas Klaim Tiga Ruas Tol Siap Difungsionalkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *