Ekonomi Bisnis

Menjelang HUT Kemerdekaan RI di IKN, Satgas Klaim Progres Kantor Presiden Sudah 92 Persen

20
×

Menjelang HUT Kemerdekaan RI di IKN, Satgas Klaim Progres Kantor Presiden Sudah 92 Persen

Sebarkan artikel ini

JakartaKetua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Ibu Perkotaan Negara (IKN) Nusantara Danis Sumadilaga mengatakan progres perkembangan Kantor Presiden telah mencapai 92 persen. Satgas berusaha mencapai proyek ini selesai pekan kedua Juli 2024, sehingga siap digunakan ketika perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Danis menuturkan, bilah sayap Garuda telah dipasang kemudian selesai sekitar tiga hari lalu. Saat ini, pekerjaan yang masih berlangsung adalah pemasangan sayap dalam sisi ujung kanan serta kiri. 

“Masalahnya, hujan. Itu kan di dalam ketinggian, ada (potensi) hujan dan juga petir,” kata Danis pada saat ditemui ke Kompleks Kementerian Pekerjaan Umum juga Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat, 5 Juli 2024. “Mudah-mudahan selesai pekan depan, tergantung cuaca.”

Selain Kantor Presiden, Danis menuturkan proyek yang mana akan selesai akhir bulan ini, antara lain Kawasan Istana, area Sumbu Kebangsaan, Memorial Park, Beranda Nusantara. Gedung lain, seperti Sekretariat Presiden lalu Kementerian Sekretariat Negara, juga bisa saja difungsionalkan sebagian. “Mungkin yang digunakan (lantai) 4 belum, tapi lantai 1, 2, 3, telah (difungsionalkan)” ujar dia.

Begitu pula dengan kesiapan binaan pusat administrasi lain, seperti kompleks Kemenko 1. Rencananya, lantai 1 serta 2 binaan yang disebutkan akan digunakan sebagai tempat menginap anggota upacara. Sebanyak 12 tower aparatur sipil negara atau ASN juga akan difungsikan untuk hal yang dimaksud sama. 

“Intinya, hunian-hunian itu atau kantor akan digunakan untuk memperkuat upacara dulu. Baru pasca 17 Agustus, yang 12 tower untuk ASN,” tutur Danis. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan pemerintah mengatur upacara 17 Agustus tahun ini secara hybrid di dalam IKN lalu Jakarta. Pertimbangan upacara tak sepenuhnya di dalam IKN, kata Jokowi, transisi perpindahan ibu kota. 

“Agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi di dalam di sini (Jakarta) terus dilakukan, dalam sana (IKN) terus dilakukan,” kata Jokowi usai meninjau Posyandu ke Kebayoran Baru, DKI Jakarta Selatan, pada Selasa, 11 Juni 2024.

Jokowi kemudian menekankan bahwa upacara di IKN secara penuh sanggup dilakukan tahun depan. Setelah ada surat kebijakan presiden mengenai perpindahan Ibu Perkotaan Negara. “Termasuk juga urusan yang digunakan berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidaklah mudah,” katanya.

Adapun rencananya, upacara pada IKN akan didipimpin segera oleh Jokowi. Ia akan didampingi oleh presiden terpilih Pilpres 2024, Prabowo Subianto. Sementara, kompetisi di dalam DKI Jakarta akan dikepalai oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi perwakilan presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

RIRI RAHAYU | DANIEL A. FAJRI

Artikel ini disadur dari Menjelang HUT Kemerdekaan RI di IKN, Satgas Klaim Progres Kantor Presiden Sudah 92 Persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *