Teknologi

Perdana, Belanda Uji Coba Anjing Robot Teknologi AI Berburu Narkoba

22
×

Perdana, Belanda Uji Coba Anjing Robot Teknologi AI Berburu Narkoba

Sebarkan artikel ini
Perdana, Belanda Uji Coba Anjing Robot Teknologi Artificial Intelligence Berburu Narkoba

JAKARTA – Kehadiran teknologi robot Kecerdasan Buatan mulai menyentuh berubah-ubah sendi hidup menggantikan manusia untuk tugas-tugas berbahaya. Seperti robot anjing dalam Belanda yang digunakan sedang diuji coba membantu operasi penggerebekan narkoba.

Peran anjing robot otonom berteknologi Artificial Intelligence pada penggerebekan laboratorium narkoba sangat penting untuk melindungi tim kepolisian dari risiko terluka atau kehilangan nyawa akibat material kimia berbahaya juga ledakan.

“Ketika lab sedang beroperasi lalu Anda menghentikannya, itu sanggup meledak. Biasanya, jikalau pendatang masuk dengan mengenakan pakaian pelindung serta semacamnya, mereka itu bukan bisa jadi melakukan pergerakan begitu cepat, dia hanya saja bisa saja bekerja selama 20 menit,” kata Simon Prins dari Politie Nederland untuk New Scientist.

Polisi pada Belanda melakukan penggerebekan semacam itu setidaknya tiga hingga empat kali seminggu. Dengan menggunakan robot otonom, dia berharap dapat mempertahankan pelaku masih aman ketika membongkar beragam peralatan di dalam laboratorium narkoba.

Sejak tahun 2021, polisi sudah ada menggunakan Spot quadruped, yang tersebut dilengkapi dengan lengan robot, dari Boston Dynamics untuk melakukan penggerebekan narkoba kemudian pengawasan. Namun, Spot masih dikendalikan dari jarak berjauhan oleh operator.

Anjing robot ini sangat membantu lantaran bisa jadi menyeberangi pintu dan juga rintangan kecil lainnya. Ia melakukannya dengan bantuan kamera dan juga sensor lainnya. Seorang agen yang digunakan menggunakan remote control mengoperasikan lengan robot yang tersebut sangat lincah untuk menyelesaikan tugas yang tersebut diinginkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, robot quadruped telah dilakukan mengalami kemajuan teknologi yang tersebut signifikan, memungkinkan untuk menavigasi berubah-ubah medan, bertahan di suhu ekstrem, juga melakukan tugas yang lebih lanjut kompleks. Hal ini menggerakkan polisi Belanda untuk mengeksplorasi operasi yang dimaksud sepenuhnya otonom dengan Spot.

Dilaporkan, robot otonom berkemampuan Teknologi AI ini diharapkan dapat memeriksa laboratorium narkoba, meyakinkan tidaklah ada penjahat yang dimaksud hadir, memetakan area, juga mengidentifikasi materi kimia berbahaya. Setelah robot menyelesaikan tugasnya, personel kepolisian dapat merencanakan rute pembongkaran yang digunakan aman.

Artikel ini disadur dari Perdana, Belanda Uji Coba Anjing Robot AI Berburu Narkoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *