Ekonomi Bisnis

Telkom Dorong Pemanfaatan Kecerdasan Buatan di Indonesi

21
×

Telkom Dorong Pemanfaatan Kecerdasan Buatan di Indonesi

Sebarkan artikel ini

INFO BISNIS – Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin masif digunakan dalam Indonesia. Pemanfaatan Artificial Intelligence menunjukkan prospek yang dimaksud luar biasa di bervariasi sektor ke tanah air, meskipun penerapannya masih harus diperluas.

PT Telkom Tanah Air (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan digital telco yang digunakan dipercaya bermetamorfosis menjadi lokomotif digitalisasi ke Indonesia, berikrar di mengembangkan Teknologi AI yang dimaksud berdampak positif terhadap bangsa. Strategi besar pengembangan Teknologi AI di dalam Telkom bertujuan untuk meningkatkan produktivitas juga efisiensi baik di dalam internal kemudian eksternal perusahaan, dan juga melakukan perubahan yang digunakan dapat mengupayakan perusahaan maupun membuka kesempatan kegiatan bisnis baru.

Langkah yang diwujudkan Telkom juga selaras dengan salah satu rekomendasi Indonesi Digital Society Pertemuan (IDSF), yaitu turut mengembangkan infrastruktur AI, seperti pusat data yang aman lalu andal, dengan jaringan internet cepat serta platform cloud untuk pengolahan kemudian penyimpanan data yang digunakan efisien.

“Kami berikrar untuk terus mengembangkan solusi yang tersebut relevan dengan permintaan bermacam sektor, termasuk pengembangan solusi dengan menerapkan teknologi AI. Saat ini kami telah terjadi miliki infrastruktur pusat data Teknologi AI yang digunakan dijamin keamanannya,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa pada kegiatan webinar “Discover the Latest AI-Driven Business Performance Insights and Best Practices in Unleashing the Power of Fakta and Intelligence” yang tersebut dilakukan oleh IDSF beberapa waktu lalu.

Salah satu item BigBox, yang digunakan berada di bawah naungan Leap-Telkom Digital, mempunyai layanan bernama BigVision yang mana sudah dilengkapi oleh AI. BigVision mampu menganalisis serta mengidentifikasi kerumunan khalayak pada area tertentu, menghitung jumlah total pendatang yang dimaksud berada di sana, kemudian dapat mengidentifikasi pola perilaku di kerumunan tersebut.

Teknologi BigVision bermanfaat bagi berubah-ubah perusahaan untuk mengenali perilaku karyawan dan juga perilaku pemukim lain di ruang umum seperti sekolah, bandara, terminal, stasiun, serta tempat-tempat lainnya yang tersebut berbagai dilalui. Telkom juga mengembangkan Kecerdasan Buatan pada bentuk chatbot yang membantu berubah-ubah sektor untuk mendapatkan solusi terbaik.

Pada habitat myIndibiz, terdapat chatbot bernama Bizy yang mana mampu membantu UKM dalam Nusantara mendapatkan solusi sesuai kebutuhannya pada hasil lalu layanan digital yang mana ada di Leap-Telkom Digital. Bizy mampu memberikan layanan yang digunakan dipersonalisasi lalu interaktif sehingga solusi yang mana diberikan terhadap pelanggan lebih besar tepat sasaran.

Bizy dikembangkan dengan sangat interaktif sehingga mampu membantu pelanggan menemukan solusi yang mana sesuai dengan tantangan yang mereka itu hadapi juga menghasilkan kembali data berharga yang mana memberikan wawasan tentang perilaku, preferensi, kemudian kesulitan pelanggan. Hal ini pun dapat digunakan untuk perbaikan produk-produk lalu strategi pemasaran.

Bizy juga dapat menangani besar interaksi pelanggan yang tersebut semakin meningkat tanpa mengorbankan kualitas atau efisiensi. Bizy secara signifikan mampu menghurangi waktu respons rata-rata untuk pertanyaan pelanggan.

Dengan respons yang akurat dan juga tepat waktu, pelanggan pun mendapatkan pelayanan yang tersebut optimal dengan cepat sesuai dengan kebutuhannya. Pemanfaatan chatbot terbukti memberikan dampak positif terhadap peningkatan efisiensi operasional bulanan Telkom sampai dengan 74,2 persen lewat otomatisasi oleh Bizy.

Setelah mengimplementasikan Bizy, biaya operasional pemasaran Telkom juga berkurang signifikan sehingga perusahaan dapat lebih lanjut hemat. Fitur lain yang tersebut ada di dalam BigBox yakni BigAssistant merupakan solusi berbasis Kecerdasan Buatan yang tersebut membantu pengguna untuk menjalankan dan juga menyediakan informasi tertentu melalui interaksi percakapan seperti chatbot.

Sistem ini memadukan teknologi chatbot dengan manajemen pengetahuan untuk memberikan jawaban yang digunakan kontekstual dan juga relevan terhadap pertanyaan pengguna sesuai kebutuhan. Berbagai produk-produk unggulan dari Leap-Telkom Digital lainnya juga telah terjadi dilengkapi dengan Kecerdasan Buatan guna meningkatkan pelayanan yang diberikan.

Inovasi pengembangan Teknologi AI yang tersebut dikerjakan Telkom menjadi komitmen perusahaan untuk mewujudkan bangsa yang tersebut lebih tinggi sejahtera lalu berdaya saing. Leap-Telkom Digital juga memayungi produk-produk kemudian layanan digital Telkom lainnya yang dimaksud dapat dilihat di tautan berikut https://leap.digitalbisa.id/our-product.(*)

Artikel ini disadur dari Telkom Dorong Penggunaan AI di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *