Lifestyle

Keistimewaan kopi ekselsa, kopi bercita rasa manis dari Jawa Barat

21
×

Keistimewaan kopi ekselsa, kopi bercita rasa manis dari Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
Keistimewaan kopi ekselsa, kopi bercita rasa manis dari Jawa Barat

Tangerang Selatan – Head of Coffee Common Grounds sekaligus Juara 3 World Brewers Cup 2024 Ryan Wibawa menjelaskan keistimewaan kopi ekselsa, yakni salah satu jenis kopi dengan cita rasa manis yang banyak dibudidayakan dalam kawasan Jawa Barat.

"Ada spesies kopi yang mana terdapat pada lingkup kopi, yaitu liberika lalu ekselsa yang dimaksud kurang populer," kata Ryan ketika ditemui pada acara bincang-bincang pada kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat.

Awalnya, ekselsa berasal dari daratan Afrika dan juga menyebar ke kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Kini, cukup banyak petani kopi Negara Indonesia yang dimaksud mulai membudidayakan kopi ekselsa dalam kawasan Jawa Barat, khususnya pada Sumedang serta Kuningan.

Menurut Ryan, kopi ekselsa miliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan kopi jenis arabika maupun robusta. Kopi ekselsa memiliki aroma khas yang mana unik dengan rasa dominan yang digunakan manis.

"Ini (ekselsa) mempunyai karakteristik manis yang cukup dominan, acidity (asam) juga, serta pohonnya sangat baik untuk menyimpan lingkungan lingkungan," kata Ryan.

Keunikan kopi ekselsa inilah yang dimaksud menimbulkan Ryan berani untuk memperkenalkannya ke kompetisi World Brewers Cup 2024, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Di kompetisi tersebut, Ryan berhasil menyabet juara ketiga mengalahkan tiga brewer dari negara lainnya, yaitu Australia, Prancis, lalu Republik Ceko.

Meskipun kopi ekselsa kurang populer, Ryan berhasil memadukan kopi yang dimaksud dengan dua jenis kopi lainnya di dalam event kompetisi tersebut. Kini, semakin berbagai pendatang mulai mengetahui kopi ekselsa lalu tertarik untuk mencicipi cita rasa unik dari kopi tersebut.

"Ekselsa adalah salah satu kopi yang tersebut saya bawakan di kompetisi kemarin kemudian saya ambil kopi ini dari Sukawangi, Jawa Barat," katanya.

Dia menambahkan, "Saya juga bekerja serupa dengan individu teman juga beliau menyuplai kopi yang saya bawakan (di kompetisi), serta antusiasme konsumen sangat membesar pada waktu launching (pemasaran ekselsa) di dalam wadah Tokopedia".

Ryan mengatakan kopi ekselsa telah lama mengejutkan perhatian umum pada tahun ini serta kemungkinan akan semakin populer ke depannya. Ia pun optimistis kopi ekselsa dapat berubah jadi salah satu komoditas kopi potensial pada sektor kopi Nusantara.

"Menurut saya, ekselsa pada tahun ini sedang berbagai jadi incaran berbagai pendatang lantaran penasaran serta berubah jadi sesuatu hal yang menarik," cerita dia. 

 

Artikel ini disadur dari Keistimewaan kopi ekselsa, kopi bercita rasa manis dari Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *