Ekonomi Bisnis

SGER raih kontrak batu bara dari Vietnam senilai 22,51 jt dolar Amerika Serikat

22
×

SGER raih kontrak batu bara dari Vietnam senilai 22,51 jt dolar Amerika Serikat

Sebarkan artikel ini
SGER raih kontrak batu bara dari Vietnam senilai 22,51 jt dolar Amerika Serikat

Kedepan kami akan terus menjajaki potensi pengiriman ke Vietnam kemudian juga negara lain, khususnya di Asia Tenggara

Jakarta –

PT Narasumber Global Energy Tbk (SGER) meraih kontrak pengiriman batu bara dari gabungan dengan syarat Vietnam, yaitu Vinacomin Northern Coal dengan prospek nilai kontrak sampai 22,51 jt dolar Amerika Serikat (AS).

Sesuai perjanjian, ukuran batu bara yang tersebut akan dipasok sebanyak 200.000 metrik ton (MT), dengan durasi penyelenggaraan kontrak yaitu sejak tanggal penandatanganan kontrak sampai 15 Agustus 2024.

"Batu bara yang tersebut dikirim mempunyai net calorific value sebesar 4.800 kcal/kg, dengan isi abu 30 sampai 35 persen dengan zat sulfur 0,6 persen," ujar Direktur Utama SGER Welly Thomas sebagaimana pernyataan resmi ke Jakarta, Selasa.

Welly memaparkan pangsa batu bara global masih berpeluang berkembang pada tahun ini, dengan Vietnam menjadi salah satu negara potensial bagi komoditas batu bara.

Menurutnya, permintaan batu bara dari Vietnam terus bertumbuh seiring dengan tumbuhnya perekonomian kemudian naiknya keperluan listrik negara tersebut.

“Kedepan kami akan terus menjajaki kesempatan pengiriman ke Vietnam serta juga negara lain, khususnya di dalam Asia Tenggara, mengingat prospek permintaan batu bara ke wilayah ini masih cukup tinggi,” ujar Welly.

Sebelumnya, SGER telah terjadi melakukan pengiriman batu bara ke Vietnam pada Agustus 2023. Perseroan meneken kerja identik transaksi jual beli batu bara ke Vietnam Oil and Gas Group, yang digunakan merupakan badan usaha milik negara dalam Vietnam.

Dalam perjanjian tersebut, perseroan jual 2,5 jt ton batu bara untuk operasional secara komersial pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Song Hau 1 yang dimaksud berlokasi ke Song Hau Power Center, Phu Xuan Hamlet, Mai Dam Town, Provinsi Hau Giang.

"Kala itu, jualan batu bara mencapai 187,64 jt dolar Amerika Serikat atau setara 1,56 miliar Dong Vietnam," ujar Welly.

Seiring prospek batu bara yang tersebut positif, pihaknya berusaha mencapai pendapatan perseroan dapat bertambah 10 persen pada tahun ini. “Kami yakin target ini sanggup tercapai. Selain menggenjot lingkungan ekonomi baru, kami juga berfokus pada pelanggan yang digunakan telah ada,” ujar Welly.

Sebagai informasi, Vinacomin Northern Coal merupakan konglomerasi pertambangan Vietnam, yang mana berfokus pada pertambangan batub ara juga mineral, kemudian mempunyai kantor pusat di dalam Hạ Long, Provinsi Quảng Ninh, Vietnam.

Artikel ini disadur dari SGER raih kontrak batu bara dari Vietnam senilai 22,51 juta dolar AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *