Lifestyle

Soda kue lalu baking powder, apa bedanya?

22
×

Soda kue lalu baking powder, apa bedanya?

Sebarkan artikel ini
Soda kue kemudian baking powder, apa bedanya?

DKI Jakarta –

Bagi pengusaha perusahaan kue serta makanan mungkin saja sudah ada tahu perbedaan soda kue dan baking powder, tapi bagaimana dengan warga awam?

Meskipun secara umum fungsinya sejenis yakni sebagai pengembang, soda kue juga baking powder merupakan dua jenis komponen yang mana berbeda.

Berikut perbedaan soda kue kemudian baking powder, mengutip dari bervariasi sumber:


1. Bentuk kemudian kandungan

Soda kue serta baking powder biasanya berbentuk bubuk putih yang mana memiliki fungsi identik yakni sebagai komponen untuk menciptakan kue mengembang.

Soda kue mengandung 100 persen zat natrium bikarbonat sehingga memerlukan unsur tambahan adonan yang dimaksud mengandung asam.

Kombinasi materi adonan yang dimaksud tepat akan menciptakan kue mengembang lebih banyak sempurna dan juga bertekstur empuk.

Sedangkan baking powder tak lagi memerlukan substansi asam tambahan akibat di dalamnya sudah ada mengandung asam (krim tartar), kemudian soda (bersifat basa), lalu pati untuk mengurangi penggumpalan.
 

2. Kegunaannya

Karena bahan-bahan di dalam dalamnya, maka berbeda pula peruntukannya. Soda kue biasanya digunakan untuk menghasilkan kue dengan komponen asam seperti cokelat, susu, lalu telur. Soda kue menghasilkan kue mengembang pada waktu dipanggang atau dikukus.

Sementara baking powder yang digunakan mengandung natrium bikarbonat, tepung jagung, juga asam biasanya digunakan untuk menciptakan kue-kue kering.

Artikel ini disadur dari Soda kue dan baking powder, apa bedanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *