Lifestyle

9 Ciri-ciri Gerd Kambuh yang digunakan Harus Diwaspadai serta Cara Mengatasinya

19
×

9 Ciri-ciri Gerd Kambuh yang digunakan Harus Diwaspadai serta Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
9 Ciri-ciri Gerd Kambuh yang mana digunakan Harus Diwaspadai dan juga Cara Mengatasinya

JAKARTA – Ada sembilan ciri-ciri gastroesophageal reflux disease (gerd) kambuh yang tersebut harus diwaspadai. Simptom ini terkadang tak disadari para penderitanya oleh sebab itu mirip seperti permasalahan kesegaran lainnya, seperti batuk kronis atau tak kunjung sembuh.

Gerd adalah status kronis pada mana asam lambung mengalir kembali ke esofagus, menyebabkan iritasi lalu peradangan. Ketika kambuh, gejala-gejala yang mana tidak ada senyaman lalu mengganggu dapat muncul kembali.

Memahami ciri-ciri kambuhnya gerd bisa saja membantu penderita mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari kemudian menjalankan gejala. Jika gejala gerd banyak kambuh atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tersebut sesuai.

Berikut adalah ciri-ciri gerd kambuh dilansir dari Mayo Clinic, hari terakhir pekan (12/7/2024).

9 Ciri-ciri Gerd Kambuh yang mana Harus Diwaspadai serta Cara Mengatasinya

1. Heartburn (Rasa Terbakar dalam Dada)

Heartburn adalah gejala utama gerd juga muncul sewaktu asam lambung mengiritasi lapisan esofagus. Perhatian terbakar ini biasanya terasa dalam dada bagian berada dalam atau berhadapan dengan dan juga bisa saja menyebar ke leher atau tenggorokan.

Gejala ini biasanya terasa setelahnya makan besar atau makanan berlemak. Kemudian memburuk ketika berbaring atau membungkuk juga sanggup berlangsung dari beberapa menit hingga hitungan jam.

2. Regurgitasi

Regurgitasi adalah kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke mulut atau tenggorokan. Ini adalah dapat menyebabkan rasa asam atau pahit dalam mulut.

Regurgitasi muncul khususnya pasca makan besar atau sewaktu berbaring. Kondisi ini dapat menyebabkan bau mulut kemudian rasa bukan nyenyak dan juga mual.

3. Disfagia (Kesulitan Menelan)

Disfagia adalah kesulitan atau rasa sakit pada waktu menelan, yang mana bisa jadi disebabkan oleh iritasi kemudian peradangan pada esofagus akibat refluks asam.

Gejala ini mempunyai karakteristik rasa seperti makanan tersangkut pada tenggorokan atau dada. Biasanya disertai dengan nyeri pada waktu menelan serta makanan padat atau cair mampu sama-sama sulit ditelan.

Artikel ini disadur dari 9 Ciri-ciri Gerd Kambuh yang Harus Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *