Lifestyle

Mengenal Caffeine Headache, Sakit Kepala Akibat Tidak Minum Kopi Seharian

20
×

Mengenal Caffeine Headache, Sakit Kepala Akibat Tidak Minum Kopi Seharian

Sebarkan artikel ini
Mengenal Caffeine Headache, Sakit Kepala Akibat Tidak Minum Kopi Seharian

JAKARTA – Bagi para pecinta kopi , melewatkan secangkir kopi sehari mampu berakibat lebih lanjut dari sekadar rasa kantuk. Fenomena yang dikenal sebagai caffeine headache atau sakit kepala akibat kekurangan kafein bermetamorfosis menjadi pengalaman yang tersebut umum bagi berbagai orang.

Kondisi ini terjadi pada saat tubuh yang terbiasa menerima asupan kafein mendadak tidak ada mendapatkannya. Dilansir dari Medical News Today, Kamis, (11/7/2024), hal ini menyebabkan munculnya gejala seperti pusing atau sakit kepala , kelelahan, lalu simpel marah.

Dengan kata lain, mereka itu yang mana mengalami kondisi ini memang sebenarnya sudah ada kecanduan dengan kopi. Sementara itu, komposisi kafein pada kopi akan mengecilkan diameter pembuluh darah ke kepala.

Sehingga, di mana seseorang terbiasa minum kafein atau kopi kemudian berhenti secara tiba-tiba, pembuluh darah yang disebutkan akan melebar kembali serta menyebabkan sakit kepala.

Meski kafein dapat menyebabkan sakit kepala, namun juga bisa saja bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala. Hal ini oleh sebab itu dapat mengempiskan peradangan, mengecilkan pembuluh darah dan juga menambah efektivitas kerja obat-obat sakit kepala seperti ibuprofen dan juga paracetamol.

Untuk menghilangkan caffeine headache, Anda harus perhatikan berapa banyak mengonsumsi kafein sehari-hari. Jika Anda kerap mengalami migrain, sebaiknya kurangi konsumsi kafein atau hentikan serupa sekali.

Tetapi, untuk memberhentikannya harus bertahap. Jika biasanya Anda mengonsumsi dua cangkir per hari, mulai dengan menguranginya berubah menjadi satu cangkir per hari.

Jika keluhan sakit kepala sangat mengganggu, Anda dapat menggunakan obat-obatan pereda nyeri yang dimaksud mengandung ibuprofen atau paracetamol. Selain itu, konsumsi banyak air putih, cukup istirahat, konsumsi makanan yang digunakan bergizi juga berolahraga.

Stres juga harus dikelola dengan baik. Anda dapat mencoba melakukan teknik relaksasi, meditasi atau pijat untuk menurunkan sakit kepala.

Artikel ini disadur dari Mengenal Caffeine Headache, Sakit Kepala Akibat Tidak Minum Kopi Seharian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *