Teknologi

Mengenal Teknologi NIR, Mampu Analisis Kilat serta Akurat pada Berbagai Industri

18
×

Mengenal Teknologi NIR, Mampu Analisis Kilat serta Akurat pada Berbagai Industri

Sebarkan artikel ini
Mengenal Teknologi NIR, Mampu Analisis Kilat dan juga Akurat pada Berbagai Industri

JAKARTA – Near InfraRed Spectroscopy (NIR) atau spektroskopi inframerah dekat telah lama berubah jadi alat yang tersebut sangat berguna pada analisis sampel ke bermacam bidang industri. Teknologi ini memanfaatkan radiasi inframerah dekat untuk mengetahui komposisi atau karakteristik sampel.

Dalam sektor pertanian , NIR digunakan untuk mengukur kadar air, protein, lemak, lalu parameter lain pada tanaman, pakan, kemudian tanah. Di lapangan usaha makanan, teknologi ini membantu pada menentukan isi nutrisi serta komposisi kimia tumbuhan pangan.

Di lapangan usaha farmasi , NIR berperan penting pada kontrol kualitas obat, analisis komponen baku, lalu pemantauan serangkaian produksi. Penelitian ilmiah juga menggunakan NIR untuk mempelajari sifat kimia serta fisika beragam material.

CEO PT Adidharma Ekaprana Arie Christianto mengungkapkan, keunggulan utama NIR ialah dapat memberikan informasi komposisi kimia dengan cepat kemudian akurat, tanpa harus membinasakan sampel. “Ini sangat penting bagi sektor yang dimaksud memerlukan analisis rutin kemudian berkelanjutan,” kata Arie pada keterangannya, Selasa (16/6/2024).

Keunggulan lainnya dari teknologi NIR ialah fleksibel oleh sebab itu dapat digunakan untuk bervariasi jenis sampel, salah satunya padatan, cairan, kemudian bubur. Selain mempercepat serangkaian analisis, keunggulan yang dimiliki NIR ini dapat mengempiskan biaya operasional oleh sebab itu sifatnya yang tersebut non-destruktif juga serbaguna.

Cara kerja teknologi NIR ialah dengan mengarahkan sinar inframerah ke sampel, kemudian akan terlihat jumlah agregat cahaya yang dimaksud diserap oleh sampel pada panjang gelombang tertentu. Setiap molekul miliki pola penyerapan gelombang cahaya yang dimaksud spesifik, sehingga analisis pola penyerapan ini memungkinkan identifikasi komposisi kimia sampel.

PT Adidharma Ekaprana, sebagai perusahaan yang tersebut bergerak ke bidang solusi industri, menyediakan bervariasi jenis alat lab industri, satu di antaranya NIR. Mereka menawarkan beragam jenis NIR untuk memenuhi permintaan pelanggan, baik itu benchtop NIR untuk analisis yang dimaksud tambahan presisi maupun NIR portabel untuk analisis dalam lapangan.

Arie menjelaskan untuk benchtop NIR, ada merk Blue Sun Scientific yang miliki beberapa varian seri dengan jangkauan gelombang yang dimaksud berbeda. “Keuntungan utama dari pemakaian benchtop NIR Blue Sun Scientific adalah hasil yang dimaksud lebih besar akurat, jangkauan panjang gelombang yang lebih tinggi luas, serta fleksibilitas dikarenakan dapat menangani beraneka jenis sampel lalu aplikasi,” ungkapnya.

Benchtop NIR Blue Sun Scientific sendiri kerap kali dilengkapi dengan perangkat lunak canggih untuk analisis serta interpretasi data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang dimaksud lebih banyak mendalam lalu komprehensif.

Untuk NIR portabel, PT Adidharma Ekaprana menawarkan merk Dinamica Generale dengan dua tipe NIR portabel, yaitu AgriNIR kemudian XNIR. Sejumlah keunggulan NIR portabel dari Dinamica Generale antara lain ialah efisiensi yang tersebut lebih tinggi untuk pengukuran ke lapangan, dan juga bukan menghancurkan sampel sehingga memungkinkan pengujian lebih lanjut lanjut jikalau diperlukan.

NIR portabel Dinamica Generale ini dirancang agar sederhana digunakan oleh sebab itu dilengkapi dengan perangkat lunak yang dimaksud sudah pernah dikalibrasi sebelumnya untuk perangkat lunak tertentu. Sifatnya yang dimaksud portabel juga memungkinkan alat ini dapat dibawa ke mana pun analisis diperlukan, menjadikannya pilihan ideal untuk analisis dalam lapangan.

Arie menambahkan perubahan di teknologi NIR terus berkembang. PT Adidharma Ekaprana berjanji untuk terus menghadirkan solusi-solusi terbaik agar dapat membantu beragam permintaan analisis ke bervariasi sektor sektor dalam Indonesia, meningkatkan efisiensi lalu akurasi analisis demi hasil yang digunakan optimal.

Artikel ini disadur dari Mengenal Teknologi NIR, Mampu Analisis Cepat dan Akurat di Berbagai Industri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *