Teknologi

World Cyber Games 2024 Digelar dalam Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional

5
×

World Cyber Games 2024 Digelar dalam Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional

Sebarkan artikel ini
World Cyber Games 2024 Digelar di Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional

JAKARTA – Perkembangan lapangan usaha gaming atau gim di dalam Indonesi begitu pesat. Hal ini bahkan mendapat dukungan dari pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) No.19 yang mana salah satu isinya terkait mempercepat perkembangan lapangan usaha gim nasional.

Di mana Pilar ke-7 Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 menekankan pentingnya peningkatan aktivasi serta apresiasi terhadap produsen gim nasional melalui penyelenggaraan kegiatan berskala nasional, regional, serta global. Berkaitan dengan itu, inisiasi sektor konten menyelenggarakan inisiatif Wadah Bisnis Sektor Bisnis Kreatif yang tersebut mempertemukan berubah-ubah stakeholder bidang konten seperti komik, gim, film / animasi dari berubah-ubah negara dengan kreator lokal ke Jakarta.

Kementerian Koordinator Sektor Kemaritiman kemudian Pengembangan Usaha (Kemenko Marves RI) mengungkap, prospek bursa gim online ke Tanah Air tak sebesar lingkungan ekonomi global. Untuk gim dalam bursa global saja, prospek cuannya terus meningkat hingga banyak miliar Dollar AS.

Pelaksana Tuga (Plt) Asisten Deputi Penguraian Sektor Bisnis Kreatif pada Kemenko Marves RI Liz Zeny Merry mengatakan, pada tahun 2022 lalu, prospek duit dari gim bursa global mencapai 249,55 miliar Dollar AS. Pada tahun 2023 perputaran duitnya kembali naik berubah jadi 281,77 miliar Dollar AS.

“Itu berapa ribu triliun (rupiah), itu (pasar) global. Nah untuk yang mobile, gim-gim yang digunakan didominasi oleh media mobile ini 136 miliar Dollar Amerika Serikat ke 2022, ini sekitar hampir setengahnya dari 250 miliar Dollar AS, duit 136 miliar ini berputar ke mobile gim,” kata Liz pada waktu jumpa pers membuka Festival World Cyber Games (WCG) 2024 pada Ibukota Indonesia Pusat pada Selasa (4/6/2024).

Liz mengatakan, peluang duit dari perputaran gim di dalam Tanah Air pada tahun ini diprediksi cuma 2,5 miliar Dollar Amerika Serikat atau sekitar Rupiah 39 triliun. Angka ini tak sebanding dengan kedudukan Nusantara yang digunakan berada pada tiga besar sebagai pengunduh gim yang digunakan ada. “Kalau Indonesia sendiri seperti yang tersebut tadi saya bilang itu, 2,5 miliar Dollar Negeri Paman Sam lalu Indonesia ini peringkat ketiga pengunduh terbesar ke dunia, ada 3 miliaran yang tersebut mengunduh gim,” ujar Liz.

Menurut dia, tingginya hitungan pengunduh gim di dalam Tanah Air sebetulnya membuktikan bahwa dia tertarik terhadap gim yang tersebut ada pada perangkat mobile maupun konsol. Kemenko Marves kemudian menyokong komunitas untuk menciptakan gim sendiri, sehingga bisa saja bersaing dengan lingkungan ekonomi global.

“Potensi-potensi yang dimaksud bernilai sektor ekonomi untuk Indonesia sendiri, bisa jadi kami switch untuk menggerakkan kreatif anak-anak muda untuk sanggup menjadi pencipta dari gim sendiri,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Liz mengungkap, ada tujuh tantangan yang mana dihadapi untuk mengembangkan biosfer gim secara mandiri. Pertama pengembangan sumber daya manusia (SDM); kedua pengaktifan akses pembiayaan; ketiga penawaran serta akses pasar. Keempat penyediaan infrastruktur teknologi yang memadai kemudian kompetitif; berikutnya kelima penyusunan regulasi untuk penguatan biosfer gim nasional kemudian keenam pembangunan lapangan usaha perangkat keras untuk gim nasional; serta ketujuh aktivasi gim nasional pada kawasan regional juga global.

Atas dasar itulah, Liz menggalang Indonesi berubah menjadi market gim terbesar ke Asia Tenggara, sekaligus berubah jadi tuan rumah WCG 2024. Festival multigim terbesar di dalam planet ini, telah terjadi ada sejak tahun 2001 sesudah itu dengan melibatkan 111 negara, 76 gim serta 1,5 jt pemain dari seluruh dunia.

Artikel ini disadur dari World Cyber Games 2024 Digelar di Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *