Lifestyle

4 Penyebab Paspor Tak Bisa Digunakan untuk Traveling ke Luar Negeri

22
×

4 Penyebab Paspor Tak Bisa Digunakan untuk Traveling ke Luar Negeri

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Tiket telah ke tangan, hotel telah dipesan, kemudian sewa mobil pada negara tujuan telah dibayar lunas, tapi perjalanan ke luar negeri tanpa peringatan harus batal oleh sebab itu paspor. Hal itu rutin berlangsung serta dapat merepotkan. Pelancong harus menciptakan paspor baru di waktu singkat atau terpaksa benar-benar membatakan liburan. 

Paspor sanggup semata bukan berlaku lantaran beberapa kesalahan. Bukan belaka tanggal kedaluwarsanya yang dimaksud telah dekat, ada beberapa pemicu lain yang menghasilkan paspor tak dapat digunakan. Karena itu, penting untuk memeriksa paspor pada waktu merencanakan liburan ke luar negeri. 

Inilah 5 hal yang mana menimbulkan paspor tidaklah berlaku lalu harus segera diganti. 

1. Hampir Kedaluwarsa

Beberapa negara tiada mengizinkan wisatawan masuk apabila paspor akan habis masa berlakunya di 6 bulan atau kurang. Jadi, sebelum bikin rencana liburan ke luar negeri, periksa tanggal kedaluwarsa paspor. Pastikan ada jarak tambahan dari 6 bulan antara tanggal kedaluwarsa juga tanggal keberangkatan. 

Jika kurang dari enam bulan, segera perbarui paspor. Di bandara-bandara besar seperti Bandara Soekarno-Hatta terdapat layanan percepatan paspor yang tersebut dapat menyediakan paspor baru di hitungan jam. 

2. Ada Kerusakan atau Robek 

Kerusakan kecil pada paspor dapat menghasilkan pelancong dilarang menaiki pesawat ke negara tujuan. Bahkan, seseorang sanggup sekadar ditahan apabila pihak berwenang setempat mencurigai adanya pemalsuan paspor.

Jadi, sebelum bepergian, periksa paspor apakah ada tanda-tanda kecacatan seperti robek, noda, atau halaman yang dimaksud hilang. Khususnya, pastikan halaman depan yang ada foto serta data pemilik paspor bebas dari kerusakan. Selalu simpan paspor dalam tempat yang tersebut aman, kering, lalu terlindungi, di dalam rumah maupun pada waktu bepergian.

3. Halaman Kosong Habis 

Jika banyak traveling ke luar negeri, paspor mungkin saja akan dipenuhi dengan stempel imigrasi dan juga visa. Beberapa negara tiada mengizinkan masuk kecuali masih ada sisa setidaknya 2 hingga 4 halaman kosong pada paspor. Pastikan memeriksa berapa berbagai halaman kosong yang tersisa sebelum instruksi liburan.

Periksa juga stempel yang mana tak sah seperti stempel suvenir atau stempe wisata. Stempel jenis ini dapat memproduksi paspor bukan berlaku untuk perjalanan.

4. Paspor Palsu

Penipu sanggup melakukan apa pun. Jadi, pastikan mengajukan permohonan paspor pada posisi yang tersebut tepat atau aplikasi mobile yang benar lalu tidaklah menggunakan calo. Penipu terkadang menyebabkan laman web palsu atau mengirim instruksi dengan berpura-pura berasal dari Kantor Imigrasi. 

SMART TRAVELLER

Artikel ini disadur dari 4 Penyebab Paspor Tak Bisa Digunakan untuk Traveling ke Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *