Teknologi

Dipimpin Satya Nadella, Valuasi Microsoft Meroket dari USD300 Miliar ke USD3,06 Ribu Miliar di 10 Tahun

13
×

Dipimpin Satya Nadella, Valuasi Microsoft Meroket dari USD300 Miliar ke USD3,06 Ribu Miliar di 10 Tahun

Sebarkan artikel ini
Dipimpin Satya Nadella, Valuasi Microsoft Meroket dari USD300 Miliar ke USD3,06 Ribu Miliar di 10 Tahun

JAKARTA – Tahun ini memaknai 10 tahun Satya Nadella sebagai ketua eksekutif Microsoft. Pria selama India yang dimaksud sedang berkunjung ke Tanah Air itu sukses menyebabkan Microsoft menjadi salah satu perusahaan paling berharga ke bumi berkat cloud computing. Bahkan, lebih lanjut besar dari Apple.

Pada Februari 2014, Microsoft adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar pada globus dengan valuasi USD300 miliar.

10 tahun kemudian, valuasi Microsoft membengkak jadi USD3,06 triliun. Microsoft bahkan berubah jadi perusahaan umum terbesar pada dunia. Bahkan lebih lanjut besar dibandingkan Apple.

Tapi, apa alasannya? Ini adalah berkat kejelian Satya Nadella yang mana berinvestasi pada teknologi baru yang penting dan juga populer. Mulai dari cloud hingga kecerdasan buatan.

Satu dekade mengawasi Microsoft, Nadella mendapat banyak sekali pujian. Ketika mengambil alih kepemimpinan perusahaan dari Steve Ballmer (saat itu saham Microsof anjlok 30 persen), Nadella mengubah arah perusahaan berubah menjadi fokus ke cloud.

Hal ini langkah jitu, dikarenakan pada waktu itu Microsoft tertinggal ke semua lini. Di hardware/smartphone kalah dengan Samsung juga iPhone, pada peramban web dilibas Google, juga pada media sosial dihajar Facebook.

“Nadella adalah GOAT di dalam ketua eksekutif teknologi,” puji Aravind Srinivas, co-founder serta ketua eksekutif startup Kecerdasan Buatan Perplexity. GOAT berarti greatest of all time atau yang mana terbaik sepanjang sejarah.

Aktif Lakukan Akuisisi serta Sinergi
Strategi terbaik Nadella adalah fokus ke item lalu berkolaborasi (bahkan dengan lawan). Pada 2023, Microsoft berkolaborasi dengan Oracle dan juga kedua perusahaan berkolaborasi pada bidang cloud.

Pada 2018, Nadella memutuskan untuk membeli forum developer Github semata-mata pada 20 menit setelahnya mendengarkan presentasi dari VP Microsoft Nat Friedman. Microsoft mengakuisisi Github senilai USD7,5 miliar lalu menjadikan Friedman sebagai CEO.

Selain Github, Microsoft juga nekad mengakuisisi perusahaan media sosial untuk pekerja LinkedIn. Juga, menguatkan divisi game dengan membeli Mojang, perusahaan induk Minecraft. Termasuk juga Nuance Communications yang dimaksud pada saat ini berkontribusi besar terhadap pendapatan Microsoft.

Artikel ini disadur dari Dipimpin Satya Nadella, Valuasi Microsoft Meroket dari USD300 Miliar ke USD3,06 Triliun dalam 10 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *