Ekonomi Bisnis

pemerintahan Bakal Permudah Impor Susu Muluskan Inisiatif Susu Gratis Prabowo-Gibran

13
×

pemerintahan Bakal Permudah Impor Susu Muluskan Inisiatif Susu Gratis Prabowo-Gibran

Sebarkan artikel ini
pemerintahan Bakal Permudah Impor Susu Muluskan Inisiatif Susu Gratis Prabowo-Gibran

JAKARTA – otoritas akan merelaksasi aturan untuk mempermudah impor susu hingga item turunannnya.
Menteri Koordinator Lingkup Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan deregulasi yang disebutkan untuk memenuhi pasokan susu untuk memenuhi acara susu gratis Prabowo-Gibran yang mana akan dengan segera dijalankan pada tahun pertama menjabat sebagai presiden lalu perwakilan presiden.

“Upaya ini untuk memperkuat naiknya permintaan barang susu kemudian turunannya dengan kegiatan pemerintah baru, yakni susu gratis untuk siswa,” ujar Airlangga pada pernyataan resmi disitir Kamis (2/5/2024).

Airlangga mengungkapkan hal yang disebutkan ketika menjawab permintaan Menteri Perdagangan Inggris Greg Hands berharap agar permasalahan pendaftaran hasil susu lalu turunannya di dalam Negara Indonesia mampu diatasi. Dalam pertarungan itu, Greg mengharapkan perdagangan produk-produk susu serta turunannya di kerangka kesepakatan komite bersatu sektor ekonomi juga perdagangan (Joint Economic and Trade Commission/JETCO) dipermudah.

“Indonesia sedang melakukan deregulasi yang mana menekankan mekanisme tambahan simpel untuk pendaftaran produk-produk susu juga turunannya,” kata dia.

Hubungan dekat kedua negara ditandai dengan kesepakatan komite bersatu perekonomian kemudian perdagangan (Joint Economic and Trade Commission-JETCO) yang tersebut ketika ini bermitra di 3 sektor kelompok kerja. Sebagai informasi, pemerintah ketika ini sudah mengatur pengenaan bea masuk berhadapan dengan impor beberapa jenis susu. Dalam Buku Tarif Kepabeanan Nusantara (BTKI) 2022 susu sebagai susu full cream atau susu yang mana telah dilakukan diambil kepalanya sebagian atau seluruhnya.

Impor susu dikenakan bea masuk dengan tarif 5% baik yang digunakan sebagai cairan, beku, maupun bubuk. Tarif 5% juga dikenakan terhadap impor produk-produk turunan susu dalam bentuk mentega dan juga keju. Sementara, menghadapi impor item turunan susu berbentuk yoghurt, dikenakan bea masuk dengan tarif 10%, satu di antaranya yang digunakan diberi rasa atau mengandung buah-buahan.

Artikel ini disadur dari Pemerintah Bakal Permudah Impor Susu Muluskan Program Susu Gratis Prabowo-Gibran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *