Teknologi

Selamatkan Timnas Indonesi dari Korsel, Inilah Kecanggihan VAR Terbaru

33
×

Selamatkan Timnas Indonesi dari Korsel, Inilah Kecanggihan VAR Terbaru

Sebarkan artikel ini
Selamatkan Timnas Indonesi dari Korsel, Inilah Kecanggihan VAR Terbaru

SIDNEY – Gawang Timnas Indonesia selamat dari kebobolan lawan Korea Selatan pada fase pertama perempat final Piala Asia U-23 2024 dalam Abdullah bin Khalifa Stadium, Hari Jumat (26/4/2024). Namun gol Korsel yang dimaksud dianulir berkat kecanggihan tenologi VAR terbaru.

Video Assistant Referee (VAR) adalah teknologi yang tersebut dapat menyokong rute pengambilan langkah wasit di empat situasi inovasi pertandingan.

VAR berubah menjadi alat pendukung bagi ofisial. Dengan VAR ini wasit dapat dengan tepat menentukan gol, pelanggaran yang dimaksud mengarah pada hukuman penalti, pemberian kartu, hingga mengidentifikasi kesalahan secara terperinci.

VAR sendiri sebenarnya telah lama digunakan pada Piala Global tahun 2018 sebab efektifitasnya pada membantu pertandingan. Namun ada beberapa perbedaan signifikan antara keduanya.

Melansir dari laman resmi FIFA,, teknologi VAR telah lama ditingkatkan, salah satunya penyelenggaraan teknologi offside semi-otomatis yang menggunakan 12 kamera pelacak khusus yang digunakan lebih tinggi canggih dari sebelumnya.

Deretan kamera ini dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola serta hingga 29 titik data dari setiap pemain. Teknologi akan melakukannya banyaknya 50 kali per detik kemudian menghitung tempat tepat mereka itu di lapangan.

29 poin data yang digunakan dikumpulkan mencakup semua anggota tubuh lalu ekstremitas yang relevan untuk melakukan panggilan offside. Untuk mendeteksi insiden offside yang digunakan ketat, sensor unit pengukuran inersia (IMU) juga ditempatkan dalam pada bola.

Sensor ini diposisikan dalam berada dalam bola, mengirimkan data bola ke ruang operasi video 500 kali per detik, memungkinkan pendeteksian titik tendangan yang digunakan sangat tepat.

Teknologi baru ini memberikan peringatan keras offside otomatis untuk ofisial pertandingan video di pada ruang operasi video setiap kali bola diterima oleh penyerang yang tersebut berada di kedudukan offside ketika ini.

Sebelum memberi tahu wasit ke lapangan, tenaga video pertandingan memvalidasi langkah yang digunakan diusulkan dengan secara manual memeriksa titik tendangan yang digunakan dipilih secara otomatis juga garis offside yang dibuat secara otomatis, yang digunakan didasarkan pada tempat kaki pemain yang mana dihitung.

Artikel ini disadur dari Selamatkan Timnas Indonesia dari Korsel, Inilah Kecanggihan VAR Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *