Teknologi

Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan

94
×

Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan

Sebarkan artikel ini
Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan

JAKARTA – pimpinan Tesla optimistis akan mulai berjualan Optimus pada tahun depan, meskipun robot humanoid itu masih di tahap pengembangan. Spesifikasi robot ini adalah untuk menggantikan sikap tenaga kerja manusia pada melakukan tugas berulang atau berisiko besar pada bidang seperti logistik, pergudangan, ritel, serta manufaktur.

Dilansir dari Al Arabiya, Hari Sabtu (27/4/2024), Musk mengutarakan robot Optimus akan mampu melakukan tugas di dalam pabrik pada akhir tahun ini.

Musk sebelumnya pernah mengemukakan bahwa jualan robot bisa jadi menjadi bagian lebih tinggi besar dari usaha Tesla dibandingkan segmen lain, diantaranya pembuatan mobil. “Saya pikir Tesla adalah pembuat robot humanoid yang digunakan paling mampu mencapai produksi jumlah dengan inferensi efisien pada robot itu sendiri,” kata Musk.

Musk miliki sejarah gagal memenuhi janjinya. Pada 2019, ia mengutarakan untuk penanam modal bahwa Tesla akan mengoperasikan jaringan mobil otonom “robotaxi” pada 2020.

Tesla telah terjadi merilis robot Optimus generasi pertama, yang mana dijuluki Bumblebee, pada September 2022. Tahun ini, perusahaan yang dimaksud memposting video robot bipedal generasi kedua yang digunakan sedang melipat T-shirt di prasarana perusahaan.

Selain Tesla, robot humanoid juga telah terjadi dikembangkan selama beberapa tahun oleh Honda Negeri Sakura lalu Hyundai Motor’s Boston Dynamics. Tahun ini, startup Figure yang dimaksud didukung Microsoft dan juga Nvidia mengungkapkan telah terjadi menyetujui secara resmi kemitraan dengan produsen mobil Jerman BMW untuk mengerahkan robot humanoid dalam infrastruktur pembuat mobil yang dimaksud pada Amerika Serikat.

Video Figure yang dirilis pada bulan Februari menunjukkan robot 01 sedang menghasilkan kopi. Sementara Boston Dynamics pekan tak lama kemudian meluncurkan wadah elektrik untuk robot humanoid Atlas miliknya, yang terlihat berputar serta berbalik dari tempat berbaring ke berdiri serta berjalan.

Artikel ini disadur dari Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *