Berita

Pesan Menag ke Jemaah Haji Kloter Pertama 2024: Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu Beribadah

11
×

Pesan Menag ke Jemaah Haji Kloter Pertama 2024: Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu Beribadah

Sebarkan artikel ini
Pesan Menag ke Jemaah Haji Kloter Pertama 2024: Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu Beribadah

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Ibukota – Pondok Gede (JKG-01) di dalam Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Mingguan (12/5/2024) dini hari. Lima tim kloter terlibat terbang bersatu mereka.

Berangkatnya jemaah haji kloter pertama ini juga menandai dimulainya operasional haji 1445 H/2024 M. Menag kembali berpesan agar jemaah menata ulang kembali niatnya serta berharap agar jemaah fokus untuk beribadah haji.

“Kami mengingatkan ke bapak ibu sekalian agar niatnya ditata dengan benar. Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji ke Tanah Suci,” kata Menag untuk jemaah haji pada waktu menyapa dalam pada pesawat.

Dia juga kembali mengingatkan pentingnya mempertahankan fisik, oleh sebab itu cuaca dalam Arab Saudi berbeda dengan di dalam Indonesia. “Cuaca di Tanah Suci sangat panas. Agar kondisi fisik Bapak Ibu dijaga. Makan yang tersebut cukup, minum yang mana cukup, vitamin juga harus diminum,” ucap pria yang dimaksud akrab disapa Gus Men ini.

Gus men pun memohon para jemaah tak segan meminta-minta tolong terhadap tim apabila membutuhkan sesuatu. Ia pastikan, tim akan membantu dengan setulus hati.

“Jika membutuhkan segala sesuatu nanti, ungkapkan untuk petugas. Kami di dalam Kemenag dengan Kemenkes sudah ada menyiapkan petugas-petugas yang akan dan juga siap melayani bapak ibu sekalian. Apa pun kebutuhannya komunikasikan terhadap petugas, jangan sungkan,” katanya.

Ia menyimpulkan pasti akan berbagai tantangan yang tersebut akan dihadapi jemaah. Namun beliau yakin para jemaah dengan dibantu pelaku akan dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar.

“Sekali lagi saya ingatkan jaga fisiknya, jaga kesehatannya, ini ibadah fisik, tantangannya tentu tak mudah. Tapi saya yakin semua siap dan juga kuat menjalankan ibadah ke tanah suci,” tegasnya.

“Kami pada Tanah Air mendoakan agar Bapak Ibu semua mendapatkan predikat Haji Mabrur, kemudian doakan agar Indonesi menjadi negeri yang digunakan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Aman-aman pada jalan serta semoga sampai dengan selamat,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari Pesan Menag ke Jemaah Haji Kloter Pertama 2024: Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu Beribadah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *