Berita

Gunung Dukono Erupsi Waktu Pagi Ini, Letusan 1.100 Unit dalam Atas Puncak

30
×

Gunung Dukono Erupsi Waktu Pagi Ini, Letusan 1.100 Unit dalam Atas Puncak

Sebarkan artikel ini
Gunung Dukono Erupsi Waktu Dini Hari Ini, Letusan 1.100 Unit di Atas Puncak

MALUKU UTARA Gunung Api Dukono di Halmahera Utara, Maluku Utara mengalami erupsi pagi ini, Hari Sabtu (11/5/2024) pukul 06.25 WIT. Pusat Vulkanologi dan juga Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan lebih tinggi letusan 1.100 meter di dalam berhadapan dengan puncak.

“Terjadi erupsi G. Dukono pada hari Sabtu, 11 Mei 2024, pukul 06:25 WIT. Tinggi kolom letusan teramati ± 1.100 m ke berhadapan dengan puncak (± 2187 m dalam berhadapan dengan permukaan laut),” ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Bambang Sugiono pada informasi resminya.

Bambang melaporkan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur. Erupsi terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 34 mm lalu durasi 65.87 detik.

Sementara itu, warga pada sekitar Gunung Dukono serta pengunjung, wisatawan agar tiada beraktivitas, mendaki, kemudian mendekati Kawah Malupang Warirang ke di radius 3 km.

Bambang menambahkan mengingat letusan dengan abu vulkanik secara periodik terjadi lalu sebaran abu mengikuti arah dan juga kecepatan angin sehingga area landaan abunya tidaklah tetap.

“Maka direkomendasikan agar warga di sekitar Gunung Dukono untuk setiap saat menyediakan masker penutup hidung dan juga mulut untuk digunakan pada pada waktu dibutuhkan guna mengelak ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan,” imbaunya.

Artikel ini disadur dari Gunung Dukono Erupsi Pagi Ini, Letusan 1.100 Meter di Atas Puncak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *