Berita

Jenis-jenis Baret TNI Berdasarkan Warna juga Posisinya

12
×

Jenis-jenis Baret TNI Berdasarkan Warna juga Posisinya

Sebarkan artikel ini
Jenis-jenis Baret TNI Berdasarkan Warna juga Posisinya

JAKARTA – Jenis-jenis baret TNI berdasarkan warna juga posisinya diulas di artikel ini. Baret merupakan salah satu kebanggaan pasukan TNI.

Sebab, untuk memperoleh topi berbentuk bulat lalu pipih ini bukan mudah. Sejumlah tes menguji fisik serta mental menanti calon prajurit TNI ketika mengikuti seleksi.

Keahlian pada bertempur dan juga keterampilan khusus lainnya harus dimiliki setiap prajurit TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), serta TNI Angkatan Lingkungan (AU). Latihan ekstrem juga terkadang sangat membahayakan harus ditempuh demi mendapatkan baret tertentu.

Berikut jenis-jenis Baret TNI berdasarkan warna juga posisinya:

1. Baret Jingga

Baret ini digunakan pasukan elite yang tersebut berasal dari satuan TNI AU, Korps Tim Khas (Kopaskhas). Terdapat emblem lambang dalam bentuk perisai dengan gambar parasut, senapan, juga artileri pertahanan udara pada baret jingga Paskhas ini.

Tulisan semboyan Paskhas, Karmaye Vidikaraste Mafalesu Kadatjana di lambangnya, yang digunakan punya arti bekerja tanpa menghitung untung rugi. Warna baret jingga Paskhas terinspirasi dari cahaya jingga ketika fajar di dalam area Margahayu, Bandung, yaitu tempat pasukan komando ini dilatih.

Kopaskhas adalah satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat. Sedangkan makna warna jingga pada Baret Paskhas bahwa para prajurit Paskhas mempunyai jiwa keberanian kemudian jiwa kerelaan berkorban yang digunakan lebih tinggi didukung dengan keteguhan hati yang mantap.

2. Baret Ungu

Adalah Korps Marinir TNI AL yang tersebut mengenakan baret ini. Terdapat emblem Jalesu Bhumyamca Jayamahe pada bingkai segi lima berwarna merah pada baret ini.

Jangkar dengan lingkaran yang dimaksud pada dalamnya terdapat keris juga peta Nusantara adalah lambangnya. Baret unggu juga digunakan Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) dalam bawah Korps Marinir.

Cuma bedanya pada baret Yon Taifib, selain lambang Jalesu Bhumyamca Jayamahe juga terdapat Brevet Trimedia dengan gambar penyelam juga parasut di dalam atasnya.

Artikel ini disadur dari Jenis-jenis Baret TNI Berdasarkan Warna dan Posisinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *