Berita

PB SEMMI Minta Sri Mulyani Evaluasi Dirjen Bea Cukai

28
×

PB SEMMI Minta Sri Mulyani Evaluasi Dirjen Bea Cukai

Sebarkan artikel ini
PB SEMMI Minta Sri Mulyani Evaluasi Dirjen Bea Cukai

JAKARTA – Kontroversi tindakan hukum yang melibatkan banyak pejabat juga oknum Bea Cukai menyebabkan geram masyarakat. Salah satunya dari Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesi (PB SEMMI).

Bendahara Umum PB SEMMI, Achmad Donny meminta-minta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengevaluasi Ditjen Bea Cukai sebab tindakan oknum pegawai juga pejabat Bea Cukai sudah ada merugikan negara kemudian masyarakat.

“Direktorat Jenderal Bea Cukai Ķementerian Keuangan RI harus berbenah dimulai dengan dicopotnya Dirjen Bea Cukai, Askolani sebagai khalayak yang mana paling bertanggung jawab melawan karut marutnya kinerja Bea Cukai,” ujar Donny pada keterangannya, Hari Sabtu (18/5/2024).

Dalam pandangannya, perilaku oknum Bea Cukai pada Bandara yang dimaksud merugikan penduduk dengan mengenakan bea masuk barang bawaan warga seenaknya meresahkan masyarakat, seperti yang tersebut dialami Radhika Althaf di TikTok sebab sepatu impor miliknya seharga Rp.10.301.000 dikenakan pajak fantastis oleh pihak Bea Cukai. Sepatu yang dimaksud dikenakan bea masuk sebesar Rp31.801.343 yang digunakan tiga kali lipat tambahan mahal dari nilai belinya.

Kemudian perkara lain, Korea Selatan memberi bantuan sebagai prototype alat bantu tunanetra untuk SLB ke Indonesia. Namun barang hibah yang dimaksud tertahan juga pihak sekolah dikenakan bea masuk harga jual barang sebesar USD22.846,52 atau sekitar Rp361.039.239 untuk dibayarkan.

“Ini kan praktik curang kemudian gila yang mana sangat memalukan. Barang hibah untuk siswa tuna netra SLB diminta biaya banyak juta. Sekolah pasti menolak. Belum lagi praktik korupsi yang dimaksud dilaksanakan pejabat Bea Cukai. Sangat memalukan,” tegasnya.

Ia melanjutkan tindakan hukum dugaan gratifikasi yang digunakan menjerat Kepala Bea Cukai Daerah Istimewa YogYakarta Eko Darmanto juga persoalan hukum dugaan korupsi impor gula oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Bea Cukai Riau Ronny Rosfyandi semakin melengkapi buruknya perilaku juga kinerja Bea Cukai.

“Berkaca dari semua tindakan hukum yang disebabkan oleh oknum Bea Cukai bukan ada alasan lagi bagi Menteri Keuangan mempertahankan Dirjen Bea Cukai Askolani dari jabatannya. Askolani harus dicopot,” tegas Donny.

Artikel ini disadur dari PB SEMMI Minta Sri Mulyani Evaluasi Dirjen Bea Cukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *